Taufiq Cuma seorang Blogger yang berusaha rajin menerbitkan konten. Kadang juga jadi Trader forex & crypto kalau ada duit nganggur. Di sisi lain punya impian menjadi Full Stack Developer, tapi masih mentok aja belajarnya di javascript:v

Download Whatsapp Mod APK Terbaru 2022 & Cara Pemakaian yang Benar

8 min read

WhatsApp Messenger atau lebih sering dikenal dengan singkatan WA, merupakan aplikasi komunikasi populer di era global saat ini. Aplikasi ini diminati karena selain gratis, juga aman dan mudah digunakan. Kamu hanya membutukan paket data dan internet untuk menggunakan aplikasi ini.

Dilansir dari situs resminya, saat ini terdapat dua miliyar orang di 180 negara yang menggunakan aplikasi WhatsApp.

Apakah kamu salah satunya?

Jika iya, tentu kamu sudah bisa menebak seberapa besar manfaat yang dihasilkan oleh kehadiran Whatsapp.

Sebagian besar orang mungkin sudah merasa cukup dengan fitur original yang diberikan WhatsApp, kendati ada juga yang merasa sebaliknya. Melihat peluang tersebut, ada beberapa pihak yang mencoba untuk mengubah atau menambah fitur-fitur dalam aplikasi WhatsApp, sesuai dengan seleranya masing-masing.

Itulah yang nantinya kita sebut sebagai WhatsApp Mod.

Apa itu Whatsapp Mod?

Pada dasarnya WhatsApp Mod merupakan aplikasi yang serupa dengan WhatsApp biasa dan berbentuk APK. Namun sudah dimodifikasi sedemikian rupa oleh pihak ketiga. Tujuan modifikasi ini tentu saja untuk menambahkan fitur-fitur khusus, sehingga WhatsApp Mod menjadi lebih unggul dibandingkan aplikasi aslinya.

WhatsApp Mod sendiri memiliki berbagai macam varian, seperti; FM WhatsApp, YO WhatsApp, OG WhatsApp, dan masih banyak lainnya. Masing-masing aplikasi WhatsApp Mod memiliki fitur unggulan yang berbeda-beda, tergantung dari selera developer aplikasi.

Perlu dipahami bahwa WhatsApp Messanger merupakan aplikasi resmi yang dikelola oleh Meta (dulu dikenal sebagai Facebook). Sedangkan WhatsApp Mod merupakan aplikasi tidak resmi. Oleh karena itu, ada beberapa kondisi yang membedakan penggunaan keduanya. Pastikan kamu memahami perbedaannya sebelum menggunakan WhatsApp Mod.

Link Download Whatsapp Mod APK Terbaru 2022

Setelah mengetahui apa saja kelebihan serta kekurangan whatsapp mod di atas, mungkin kamu bertanya-tanya, di manakah kita bisa mendownload APK whatsapp mod? atau bagaimana cara menggunakannya?

Ada berbagai macam pilihan WhatsApp Mod yang ada di luar sana. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Supaya kamu tidak bingung, berikut saya rekomendasikan 5 WhatsApp Mod terbaik berdasarkan hasil riset saya yang tentu saja saya sertakan link untuk mendownload APK Wa Mod tersebut 🙂

1. FM WhatsApp

FM WhatsApp atau FM WA dikembangkan oleh developer Fouad Mods. WhatsApp Mod satu ini cukup populer di kalangan pecinta aplikasi. FM WhatsApp memiliki fitur-fitur menarik seperti mematikan tanda centang biru. Kamu juga bisa mematikan status ‘typing…’ atau ‘mengetik…’ ketika kamu mengetik pesan. Dengan demikian pergerakan kamu menjadi lebih tak mudah ditebak oleh teman kamu. Seru bukan?

FM WhatsApp juga memiliki banyak pilihan font serta memungkinkan kamu untuk berkreasi dengan tema tampilan WhatsApp. Sementara itu untuk mengirimkan file, FM WhatsApp mengizinkan kamu untuk mengirim file hingga 100 MB.

Fitur popular WhatsApp Mod juga banyak tersedia di FM WhatsApp seperti fitur kunci ganda aplikasi, bisa melihat pesan yang sudah dihapus oleh pengirimnya, menfasilitasi cloning akun, serta kehadiran stiker dan emoji yang lebih beragam.

Download FM Whatsapp

2. YO WhatsApp

YO WhatsApp sering juga disebut sebagai YoWA. Tak kalah canggih dari WhatsApp Mod lainnya, YoWA memiliki fitur-fitur unik yang bisa kamu manfaatkan.

Misalnya saja fitur untuk mengunduh status WhatsApp orang lain. Kadang kita menemukan teman kita membuat status WhatsApp yang seru atau lucu, sehingga kita pun ingin memiliki file serupa aslinya. Kini kamu tak perlu malu-malu untuk meminta file dalam status tersebut, karena kamu bisa langsung mengunduhnya melalui YO WhatsApp.

Selain itu, YO WhatsApp juga memungkinkan kamu untuk menggunakan dua akun dalam satu aplikasi.  Misalnya jika kamu memiliku akun bisnis dan akun pribadi, maka umumnya kamu memerlukan dua perangkat yang berbeda untuk menjalankan kedua akun tersebut. Namun kini kamu tak perlu repot karena YO WhatsApp bisa mengakomodir penggunaan dua akun dalam satu perangkat, bahkan dalam satu aplikasi saja.

Keunikan lain dari YO WhatsApp adalah kemampuannya untuk melakukan tracing. Jika kamu dan teman kamu sudah menyimpan kontak satu sama lain, maka YO WhatsApp memungkinkan kamu untuk melacak keberadaan teman kamu saat ini.

YO WhatsApp juga memiliki fitur dasar WhatsApp Mod secara umum, yaitu; customize tema, menghilangkan centang biru, melihat pesan yang dihapus pengirimnya, mengirimkan file dalam ukuran besar, dsb.

Download YoWhatsapp

3. RA WhatsApp

Kita patut berbangga karena RA WhatsApp merupakan WhatsApp Mod dari developer Indonesia. Kelebihan utama RA developer adalah tampilan antar mukanya menyerupai WhatsApp pada iOS. Tidak bisa dipungkiri jika WhatsApp pada iOS memang terlihat lebih ‘mahal’ dan berkelas, sehingga pengguna android pun juga ingin memilikinya.

Tapi ternyata tak hanya berhenti di situ. RA WhatsApp juga mengizinkan kamu melakukan custom tema yang lebih jauh lagi. Misalnya dengan mengganti efek transisi, pengaturan gaya percakapan, pengaturan desain layar kunci, dsb. Dengan kata lain, kamu diberikan akses lebih untuk mengasah kreativitas kamu.

Selain itu, RA WhatsApp juga memungkinkan kamu untuk update status karakter, dengan batasan maksimal hingga 250 karakter. Kondisi ini memungkinkan kamu untuk membagikan informasi melalui status dengan kalimat-kalimat yang panjang.

Dari segi fungsional, pengiriman file dalam RA WhatsApp mengizinkan kamu untuk mengirim file hingga 30MB dalam sekali kirim, dalam berbagai jenis file. Aspek ini akan sangat bermanfaat di lingkup pekerjaan professional atau bagi anak kuliahan, yang sering bertukar file atau dokumen.

Fitur unggulan lainnya yaitu hadirnya emoji khusus iOS. Mungkin tak banyak yang tahu, tapi terdapat sedikit perbedaan antara emoji iOS dan emoji android. Jika kamu penasaran dengan isinya, mungkin kamu bisa segera menggunakan RA WhatsApp.

Jangan lupakan juga fitur paling penting yang harus ada dalam aplikasi WhatsApp Mod yaitu fitur anti-banned. Fitur ini berfungsi untuk meminimalisir kemungkinan pemblokiran akun. Selain itu ada juga fitur keamanan privasi, seperti penguncian WhatsApp dengan pola, privasi status, privasi pembacaan chat, dll

Download RA Whatsapp

4. WhatsApp Aero

WhatsApp Aero merupakan aplikasi WhatsApp Mod paling popular di urutan kedua. Puluhan juta orang telah menggunakan WhatsApp Aero. Lalu apa yang membuat WhatsApp Aero menjadi lebih istimewa dibandingkan WhatsApp Mod lainnya?

WhatsApp Aero dikembangkan oleh Bozkurt Hazarr. Berbeda dengan WhatsApp Mod lainnya yang mengedepankan kehadiran fitur tambahan yang beranekaragam, WhatsApp Aero justru mengedepankan kestabilan aplikasi. Oleh sebab itulah, WhatsApp Aero menjadi WhatsApp Mod dengan user interface paling nyaman saat ini.

Tidak hanya itu, WhatsApp Aero juga tetap menaruh perhatian akan fitur-fitur tambahan nan canggih. Fitur-fitur ini ditambahkan untuk menambah keleluasaan pengguna dalam melakukan aktivitas komunikasi. Misalnya dalam hal keamanan privasi. WhatsApp Aero memungkinkan kamu dalam menyembunyikan aktivitas mengetik, menyembunyikan diri dari daftar yang melihat status kontak kamu, menyembunyikan informasi kapan kamu membaca pesan orang lain, dll. Kamu juga bisa menentukan siapa kontak yang bisa menghubungi kamu melalui panggilan suara atau video.

Tak ketinggalan fitur kustomisasi tema juga menjadi andalan. Beragam pilihan tema dan jenis font siap untuk dipilih. Kamu bahkan bisa menyederhanakan tampilan, dengan menyembunyikan fitur mic dan kamera agar tampilannya menjadi lebih rapi.

Fitur unik lainnya yang dimiliki WhatsApp Aero yaitu bisa mengirimkan file video dengan ukuran hingga 700 MB, serta bisa mengirimkan file gambar dalam kualitas tinggi. Kita semua tahu bahwa WhatsApp original akan otomatis memangkas ukuran gambar jika dikirim dalam bentuk gambar biasa. Nah dalam aplikasi WhatsApp Aero, kamu tidak perlu mengkhawatirkan kasus penurunan kualitas gambar semacam ini.

Download Whatsapp Aero

5. OG WhatsApp

Disebut juga sebagai OGWA. OG WhatsApp dikenal sebagai WhatsApp Mod yang sederhana dan berukuran ringan. Fitur utama OG WhatsApp yaitu fitur anti-banned, yang mengurangi resiko pemblokiran akun dalam WhatsApp Mod. OG WhatsApp terus melakukan update, sehingga versi OG WhatsApp selalu dalam kondisi baru.

Sementara itu, fitur unik yang dimiliki oleh OG WhatsApp adalah mampu mengirimkan pesan secara terjadwal. Bagi kamu yang sering lupa, fitur ini bisa jadi sangat bermanfaat. Kamu hanya perlu menentukan isi pesan, kapan pesan akan dikirimkan, serta ke mana pesan tersebut akan dikirmkan.

Dengan menggunakan OG WhatsApp, kamu juga bisa menjadi leluasa dalam mengirimkan file. Dalam sekali jalan, kamu bisa mengirim 90 foto sekaligus. Jauh berbeda dengan WhatsApp original yang hanya mengizinkan maksimal 30 foto dalam satu kali pengiriman. Bahkan dalam pengiriman file video, ukuran file bisa mencapai 1GB.

Tak hanya dari segi kuantitas, namun kualitas file yang dikirimkan melalui OG WhatsApp juga lebih terjaga dibandingkan dengan aplikasi WhatsApp resminya. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir foto kamu akan terkompress atau menurun kualitasnya dengan OG WhatsApp.

OG WhatsApp juga memiliki fitur WhatsApp Mod pada umumnya, seperti bisa membaca pesan yang sudah dihapus pengirimnya, mengunduh file dari status kontak kamu, tambahan kunci aplikasi, custom tema, dsb.

Download OG Whatsapp

Kegunaan Whatsapp Mod

WhatsApp Mod/ Whatsapp Plus banyak disukai oleh kalangan yang ingin tampil beda, atau oleh orang-orang yang kurang puas dengan fitur aplikasi original WhatsApp. Di mana kita ketahui, pada aplikasi whatsapp original, tidak begitu banyak fitur yang bisa kita andalkan.

Berbeda saat kita menggunakan whatsapp mod, di mana kita diberikan beberapa keunggulan dalam segi fitur. Sebut saja salah satu fitur wa mod kesukaan saya yakni dapat melihat pesan / status yang telah dihapus oleh teman kita.

Kelebihan & Kekurangan Whatsapp Mod

WhatsApp Mod memiliki kelebihan dan kekurangan yang membedakannya dengan aplikasi WhatsApp resmi. Berikut di antaranya:

Kelebihan WhatsApp Mod

Kelebihan WhatsApp Mod beragam, tergantung dari masing-masing jenis WhatsApp Mod yang digunakan. Diantaranya:

  1. Bisa melihat pesan yang sudah dihapus oleh pengirim. Di aplikasi WhatsApp original, pesan yang sudah dihapus oleh pengirim tidak akan bisa dibaca oleh si penerima pesan. Notifikasi yang muncul adalah ‘This message was deleted’. Namun di WhatsApp Mod, kamu masih bisa membaca pesan tersebut. Baik pesan tulisan maupun pesan suara.
  2. Bisa melihat status WhatsApp yang dihapus oleh pembuatnya. Status WhatsApp akan bertahan hingga 24 jam sebelum akhirnya terhapus secara otomatis. Namun pembuat status juga bisa menghapus statusnya sendiri sebelum masa 24 jam tersebut. Nah jika kamu penasaran dengan status teman-teman kamu yang dihapus sebelum 24 jam, kamu masih bisa melihatnya melalui aplikasi WhatsApp Mod.
  3. Pengirim pesan tidak bisa menebak kapan kamu membaca pesan darinya. Terutama dalam WhatsApp Group. Jika kamu mengirimkan pesan ke dalam WhatsApp Group, normalnya kamu bisa melihat kapan masing-masing anggota grup menerima dan membaca pesan kamu. Namun di WhatsApp Mod, fitur ini ditiadakan sehingga gerak-gerik kamu menjadi lebih sulit terbaca.
  4. Menyembunyikan kegiatan melihat status kontak. Misalnya jika teman kamu membuat status, kamu bisa melihatnya, namun teman kamu tidak akan menemukan nama kamu di daftar orang yang melihat statusnya.
  5. WhatsApp Mod menawarkan tema custom yang lebih beragam. WhatsApp resmi umumnya hanya menawarkan tema light dan dark mode, yang mungkin nampak membosankan bagi sebagian orang. Jika kamu salah satunya, mungkin kamu bisa berkreasi lewat WhatsApp Mod. Tema yang bisa di-customize ini termasuk dalam warna font, warna beranda, warna gelembung chat, ukuran font, dll.
  6. Menonaktifkan centang biru atau read receipt. Sebenarnya di WhatsApp resmi sudah memiliki fitur ini, namun konsekuensinya kamu juga tidak bisa melihat kapan teman kamu membaca pesan kamu. Jadi non-aktif fitur read receipt ini ada di kedua belah pihak, yaitu pengirim dan penerima. Namun jika kamu menggunakan WhatsApp Mod, kamu bisa membaca read receipt dari teman kamu, namun teman kamu tidak bica membaca read receipt dari sisimu.

    Baca Juga : Trik Ampuh Agar Whatsapp Terlihat Offline Padahal Online

  7. WhatsApp Mod memungkinkan kamu mengirimkan foto dan video berukuran besar, dengan kualitas file yang masih terjaga baik.
  8. Terdapat fitur airplane mode khusus dalam aplikasi WhatsApp Mod. Jika kamu sedang ingin menjauhkan diri dari pesan WhatsApp, namun masih ingin menggunakan aplikasi-aplikasi lainnya dalam smartphone, mungkin fitur ini menjadi solusinya
  9. Tab personal chat dan group chat yang terpisah. Umumnya WhatsApp hanya terdiri dari tiga tab atau bagian, yaitu Chats, Status dan Calls. Nah pada WhatsApp Mod, Chats untuk personal dan grup bisa dibuat di tab yang berbeda. Hal ini bermanfaat bagi kamu yang sering salah chat personal ke group chat WhatsApp.
  10. Mengunduh file dari status WhatsApp teman kamu. Jika kamu menemukan status dari kontak kamu yang yang informatif atau menghibur, kamu bisa mengunduh status tersebut tanpa perlu meminta izin dari pemilik status.

Kekurangan WhatsApp Mod

Selain kelebihan, jangan lupa bahwa WhatsApp Mod juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut di antaranya:

  1. Tidak semua WhatsApp Mod aman untuk di-instal di perangkat kamu. Jadi harus ekstra hati-hati untuk mencermati link mengunduh WhatsApp Mod.
  2. Instalasi WhatsApp Mod menggunakan cara manual, yang mungkin sedikit tricky bagi para user yang belum terbiasa.
  3. WhatsApp Mod cenderung sering mengalami error. Misalnya saja tiba-tiba kamu keluar dari WhatsApp Group, kontak yang terhapus, dll
  4. Resiko pemblokiran akun. Tidak bisa dipungkiri bahwa peggunaan WhatsApp Mod akan rentan dengan potensi pemblokiran akun karena aplikasinya yang berisfat ilegal. Oleh karena itu di beberapa WhatsApp Mod membekali diri dengan fitur anti-banned yang bisa meminimalisir aksi pemblokiran akun tersebut.

Tata Cara Penggunaan Whatsapp Mod yang Benar

Setelah kamu yakin untuk menggunakan WhatsApp Mod, inilah saatnya untuk mempelajari cara instalasi WhatsApp Mod. Untuk meng-install WhatsApp Mod memang membutuhkan usaha ekstra karena WhatsApp Mod merupakan aplikasi tidak resmi.

Baca Juga : Cara Instal & Update Whatsapp Mod yang Aman Agar Chat Tidak Hilang.

Pada awalnya tentu kamu harus mengunduh file WhatsApp Mod pilihan kamu terlebih dahulu. Berikut adalah detail caranya:

  1. Siapkan ruang penyimpanan yang cukup untuk mengunduh file aplikasi.
  2. Pilih link download WhatsApp Mod terpercaya, agar perangkat kamu tak terinfeksi virus
  3. Download file WhatsApp Mod hingga selesai

Nah setelah file siap, kita lanjutkan cara manual untuk instalasi WhatsApp Mod :

  1. Buka menu pengaturan pada smartphone
  2. Pilih menu setelan tambahan
  3. Pilih menu privasi dan keamanan
  4. Aktifkan pilihan ‘Install Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal’
  5. Buka file manager
  6. Pilih menu penyimpanan
  7. Cari aplikasi WhatsApp Mod yang akan di-install
  8. Tekan tombol install
  9. Tunggu sampai proses instalasi selesai
  10. Masuk WhatsApp Mod untuk mulai menggunakannya

Lengkap sudah penjelasan dari A sampai Z mengenai penggunaan WhatsApp Mod. Apakah kamu berminat untuk menggunakannya?

Penutup

Di atas sudah saya bahas panjang lebar mengenai apa itu whatsapp mod beserta segala kelebihan dan juga kekurangannya. Tentunya, meskipun menawarkan fitur-fitur ekslusif yang tidak bisa kita dapatkan di whatsapp versi original, nyatanya kita tetap harus bijak dalam menggunakan fitur dari aplikasi whatsapp mod ini.

Salah satu hal bijak yang bisa kita lakukan adalah dengan tidak membalas status / story whatsapp ataupun chat yang sudah dihapus oleh teman kita. Selain karena privasi, biasanya orang lain tidak suka apabila ada seseorang yang menggunakan whatsapp mod, terlebih jika menggunakannya untuk melihat hal-hal yang menyangkut privasi seperti status / pesan yang sudah dihapus tadi.

Saya sendiri, meskipun tahu pesan yang telah dikirim oleh teman saya lalu kemudian dihapus, saya sangat jarang membalas / me-reply pesan tersebut. Selain karena privasi, saya pun ingin terlihat lebih profesional, hahahaha.

Oleh karena itu saran saya tetaplah bijak menggunakan whatsapp versi modifikasi ini.

Oh iya, jika kamu memiliki pertanyaan mengenai sejauh apa keamanan saat menggunakan whatsapp mod ini terhadap ponsel kita?

Berdasarkan pengalaman saya yang sudah menggunakan aplikasi whatsapp mod bernama Yowhatsapp selama bertahun-tahun, saya berani menjawab pertanyaan tersebut dengan jawab 100% aman, insya Allah 😀

Avatar photo
Taufiq Cuma seorang Blogger yang berusaha rajin menerbitkan konten. Kadang juga jadi Trader forex & crypto kalau ada duit nganggur. Di sisi lain punya impian menjadi Full Stack Developer, tapi masih mentok aja belajarnya di javascript:v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *