Cara Paling Aman Uninstall Aplikasi / Program Di Windows 10

Meski terlihat sepele, nyatanya masih banyak orang yang belum tahu cara menghapus sebuah program dari PC miliknya. Padahal, memiliki pengetahuan untuk mengunistall aplikasi adalah sebuah keharusan bilamana Anda ingin PC yang Anda miliki tetap awet. Sebab, hal tersebut adalah salah satu tips paling sederhana merawat PC supaya berumur panjang.

Maka dari itu sayapun berinisiatif untuk membuatkan sebuah tutorial beserta gambar pendukung mengenai cara menghapus aplikasi pada PC terutama OS Windows 10 hingga bersih. Cara ini adalah cara paling umum dan paling banyak disarankan.

Meskipun saat ini sudah banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu kita menghapus program pada PC hingga ke akar-akarnya, namun saya tidak menginginkan hal itu. Alasannya tentu saja, saya menginginkan metode yang benar-benar disarankan oleh banyak orang.

Namun ada pengecualian saat saya menggunakan aplikasi penghapus program dari pihak ketiga, yaitu saat aplikasi / folder tidak dapat dihapus alias membandel wkwk.

Ohya, di postingan sebelumnya ternyata saya sudah membuatkan tutorial tentang menghapus file bandel tersebut, bisa Anda baca melalui link berikut.

Cara Menghapus File/Folder yang Susah Dihapus (Membandel)

Daripada kelamaan, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti dengan seksama. Check it Out!

Cara Paling Umum Menghapus Aplikasi / Program Di Windows 10

  1. Langkah pertama pastikan jika OS yang Anda gunakan adalah Windows 10. Jika Anda menggunakan Windows 8 ataupun 7 sepertinya tidak masalah, karena tata letak pengaturannya kurang lebih sama.
  2. Setelah itu nyalakan laptop / pc Anda.
  3. Jika sudah, pergi ke Control Panel dengan cara mengetiknya pada fitur Pencarian windows 10.
  4. Pilih Uninstall a program
  5. Terakhir cari program / aplikasi yang ingin Anda hapus. Misalnya di sini saya ingin menghapus game Governor of Poker 3, maka saya tinggal klik kanan pada game tersebut dan klik Uninstall.
  6.  Jika ada peringatan, tinggal klik Yes saja.
  7. Selanjutnya Anda akan diarahkan pada proses penguninstallan. Pada tahap ini yang perlu Anda lakukan adalah tinggal mengikuti prosedur yang diberikan.
  8. Selesai.

Demikianlah langkah paling aman dan sangat disarankan untuk menghapus / menguninstall aplikasi pada Windows 10. Dengan demikian diharapkan tidak ada lagi program-program yang dihapus dengan cara yang salah. Salah satu contoh cara uninstall aplikasi yang salah adalah dengan menghapus folder tempat di mana file tersebut disimpan.

Meskipun cara tersebut tidak bisa disalahkan 100%, namun biasanya jika kita melakukan cara tadi maka akan tersisa beberapa folder / file yang tidak bisa dihapus. Jika sudah begitu maka Anda mesti menggunakan aplikasi Pihak ketiga untuk membereskannya.

Taufiq
Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.