Taufiq Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.

Tips Praktis Agar Baterai HP Xiaomi Lebih Hemat & Tahan Lama

1 min read

Sudah bukan rahasia lagi bahwa HP Xiaomi merupakan salah satu merk HP dengan spek yang handal namun dengan harga yang bersahabat. Dengan berbagai keunggulannya, tidak heran jika Xiaomi langsung laku keras di pasaran.

Sayangnya, dari berbagai keunggulan yang dimiliki, salah satu kekurangan dari merk Cina ini adalah baterainya yang tidak terlalu awet, terutama untuk kelas hp xiaomi 1-2 jutaan. Untuk hp xiaomi di kelas 2jutaan ke atas bisa dibilang sih udah awet baterai nya.

Baterai HP yang cepat habis tentunya sangat mengganggu, terutama bagi yang pekerjaannya bergantung pada barang kecil ini. Saat ini memang sudah tersedia power bank yang bisa mengisi daya HP kapan saja dan dimana saja. Namun, penggunaan yang salah pun dapat merusak baterai dan membuatnya cepat habis.

Nah, agar hal ini tidak menimpa kita, berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan agar baterai smartphone xiaomi kita bisa lebih tahan lama.

5 Tips Menghemat Penggunaan Baterai HP Xiaomi

1. Mengatur Cahaya Pada Layar

Cara agar baterai Xiaomi tidak cepat habis adalah dengan mengatur cahaya yang digunakan. Semakin terang cahaya atau lampu layar, maka semakin boros pemakaian baterainya. Jadi, berada di ruangan yang terang, ada baiknya untuk mengurangi pemakaian cahaya pada layar.

Jika tidak ingin repot, maka nyalakan fitur adaptive brightness pada HP. Ini merupakan fitur yang mengatur jumlah cahaya pada layar berdasarkan kondisi saat itu. Jadi, jika tingkat kecerahannya akan menyesuaikan dan membuatnya lebih nyaman dan aman untuk mata.

2. Menutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Salah satu hal yang banyak tidak disadari oleh orang adalah banyaknya aplikasi yang terbuka. Seringkali orang membuka banyak aplikasi sekaligus namun kemudian tidak menggunakannya. Apabila aplikasi tidak ditutup secara sempurna, maka akan terus memakan daya baterai.

Oleh karena itu, apabila telah selesai menggunakan aplikasi, maka pastikan telah ditutup dengan benar. Caranya adalah dengan membuka review yang biasanya dapat dilihat dari tombol kiri bawah dan geser ke atas untuk menutupnya. Atau jika ingin tertutup , pastikan memilih opsi close atau exit pada saat ingin keluar dari aplikasi.

3. Mematikan GPS Saat Tidak Digunakan

Jika ingin baterai Xiaomi lebih tahan lama, salah satu tips nya adalah dengan menonaktifkan fitur GPS. GPS sendiri adalah fitur untuk mengetahui letak/posisi kita secara realtime. GPS biasa digunakan bebarengan dengan aplikasi lain seperti Grab/Gojek ataupun Google Maps. Intinya, GPS erat hubungannya dengan peta.

4. Mematikan HP Saat Isi Daya

Ketika mengisi daya baterai, usahakan untuk tidak sambil digunakan, baik untuk menelepon ataupun sekedar scroll sosmed apalagi dipake ngegame. Selain berbahaya, pemakaian HP saat dicharge juga berpotensi merusak baterai sekaligus komponen hp itu sendiri.

Selain itu, pastikan agar mengisi daya baterai sebelum benar-benar lowbatt (di atas 10%). Jangan menunggu hingga baterai benar-benar habis atau mati baru dicas.

5. Menggunakan Fitur Power Saving

Apabila semua cara di atas telah dilakukan dan baterai sudah dalam kondisi kritis, maka aktifkan power saving yang ada pada ponsel. Fitur ini ada pada Menu Security dan tinggal dinyalakan ketika baterai sudah mau habis namun belum bisa mengisi daya HP.

Ketika fitur ini dinyalakan, maka otomatis cahaya HP hingga layarnya akan menyesuaikan agar tidak menyerap pemakaian yang terlalu banyak. Selain itu, pada kondisi tersebut, hanya aplikasi ringan yang bisa dijalankan seperti SMS atau telepon.

Semua cara agar baterai Xiaomi tidak cepat habis di atas dapat dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, jika beberapa cara di atas telah dilakukan namun baterai tetap saja cepat habis, maka saatnya mengganti baterai dengan yang baru.

Taufiq
Taufiq Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *