5 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dilakukan Di Rumah (WFH)

Dalam masa Pandemi Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) seperti saat ini tentunya mengharuskan kita semua untuk membatasi segala rutinitas harian yang biasa kita lakukan di luar Rumah. Semua orang diwajibkan untuk tidak keluar rumah apabila tidak ada sesuatu yang penting.

Hal tersebut memicu timbulnya suatu kejenuhan, terlebih bagi orang yang belum terbiasa berlama-lama di rumah. Saya sendiri sudah membiasakan diri untuk bekerjadi dari rumah sejak 1 tahun lalu.

Meski penghasilan yang saya dapatkan dengan bekerja dari rumah belum terlalu besar, namun Alhamdulillah cukup sebagai sampingan. Secara saya belum berkeluarga dan masih tinggal bersama orang tua.

Berbicara mengenai work from home tentu di antara Anda masih banyak yang bingung dengan istilah tersebut.

Jadi, work from home adalah sebuah kebijakan dari Pemerintah untuk mengerjakan semua pekerjaan yang biasa dikerjakan di kantor menjadi di rumah, sesuai slogannya “Di Rumah Aja”.

Meski demikian, WFH tidak sebatas untuk pekerjaan kantoran saja. Melainkan ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa kita lakukan di masa-masa Pandemi Corona ini. Siapa tau kan setelah Pandemi selesai kita jadi punya sampingan yang hasilnya lumayan, hehe.

Berikut adalah rekomendasi pekerjaan sampingan bagi yang ingin bekerja dari rumah / Work From Home.

Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dilakukan Di Rumah (WFH)

Menjadi Blogger

Blogger adalah seseorang yang menuliskan berbagai hal entah itu bersumber dari hobi, pengetahuan, maupun pengalaman yang kemudian dibagikan melalui sebuah halaman website / web blog.

Meski kelihatan sepele dan kurang menjanjikan, ternyata apabila dilakukan dengan serius dan sungguh-sungguh, maka ngeblog bisa menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan.

Kenapa saya berani bilang begitu? Karena saya sendiri adalah seorang blogger dan telah berkali-kali merasakan manisnya uang dari blog yang kita kelola, Alhamdulillah 🙂

Nah untuk bisa menghasilkan uang melalui blog maka Anda diharuskan membuat halaman blog sendiri beserta domainnya. Tentu saja Anda bisa menggunakan layanan gratis dari blogger.com atau layanan berbayar dengan menggunakan WordPress Self Host yang Hosting dan Domainnya mesti Anda bayar setiap tahun.

Setelah blog berhasil dibuat selanjutnya ialah menentukan metode monetisasi apa yang akan Anda gunakan untuk Blog Anda.

Saya sendiri menggunakan Google Adsense sebagai sarana menghasilkan uang dari blog.

Agar tulisan saya tidak sekadar mengada-ada, berikut adalah screenshot penghasilan Google Adsense saya dari blog lain selama 7 hari terakhir.

Jadi Youtuber

Menurut Anda apa yang menyebabkan Youtuber rela membuat konten-konten aneh, lucu, sekaligus menantang dengan mempertaruhkan rasa malu di Youtube? Tentu karena dibayar.

Para Youtuber tidak serta merta membuat konten begitu saja secara cuma-cuma, melainkan ada bayarannya.

Nah bagi Anda yang merasa memiliki ide unik yang dirasa cocok untuk dijadikan konten video, maka Anda bisa mulai mencobanya sekarang. Mumpung orang-orang lagi banyak di rumah, maka kesempatan untuk mendobrak jumlah penonton sangat terbuka lebar di sini.

Jujur saja, selama beberapa minggu ke belakang, traffic salah satu blog saya melonjak 3-5x lipat dari biasanya.

Dan salah satu channel youtube yang pernah saya tonton pun menyarankan untuk membuat apa saja di internet entah itu youtube, blog, jualan online, atau yang lain. Karena persentase untuk mendapatkan audience / pelanggan cukup besar di masa Covid-19 ini.

Menjadi Dropshipper Masker / Hand Sanitizer

Dropshipper adalah seseorang yang menawarkan barang dagangan orang lain yang kemudian dijual kembali di tempat lain dengan harga lebih tinggi / dimark-up agar mendapat untung. Sistem dropship mirip Makelar apabila di dunia nyata. Dan dropshipper berbeda dengan reseller.

Salah satu perbedaannya ialah modal yang dikeluarkan.

Reseller mengeluarkan modal di awal untuk berbelanja barang dagangannya, yang kemudian dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi (Mark Up Harga).

Sedangkan dropshipper adalah orang yang cuma menayangkan barang dagangan orang lain dari toko online A ke toko online B dengan memasang harga yang juga lebih tinggi. Namun sistem dropship tidak keluar modal di awal. Karena cukup promosi-promosi saja.

Melihat situasi yang kian tidak menentu ini, sudah seharusnya kita bisa lebih jeli dalam melihat peluang. Salah satu peluang yang cukup menjanjikan terutama untuk saat ini ialah Berjualan Masker dan Hand Sanitizer.

Namun apabila Anda tidak mau berjualan langsung di luar rumah, Anda bisa mulai berjualan masker dan hand sanitizer ini di rumah dengan menjadi Dropship.

Berikut adalah salah satu seller di sebuah marketplace yang menjual masker. Tembus 90rb penjualan.

Menjual Karya Digital Di Shutterstock

Shutterstock adalah sebuah situs Microstock, yakni situs yang menjadi tempat untuk berbagi karya. Karya tersebut berupa foto hasil jepretan sendiri, desain grafis, maupun video footage yang kita hasilkan sendiri.

Foto, desain grafis, ataupun video footage yang kita bagikan tersebut dapat dijadikan uang, apabila ada seseorang yang tertarik membeli hasil karya kita yang diupload di situs microstock tadi.

Tentunya dibutuhkan ketelatenan yang didasari dari hobi dalam bisnis ini. Sebab, bisnis ini cukup lama untuk tumbuh. Butuh ratusan sampai ribuan Karya, baru kita dapat merasakan Passive Income yang terus tumbuh dari waktu ke waktu.

Sebetulnya ada begitu banyak situs microstock di luaran sana, seperti istock; fotolia; graphicriver by envato; pond5; dan masih banyak lagi.

Menjadi Freelancer Di Internet

Banyak yang sudah betah kerja di rumah bahkan bertahun-tahun dengan hanya menjadi Freelancer. Jangan salah, bayaran freelancer ternyata bisa mengalahkan gaji buruh pabrik, dengan catatan kita melakukannya dengan fokus dan sungguh-sungguh.

Selain itu menjadi Freelancer dibutuhkan sebuah skill khusus yang jarang dimiliki orang lain. Skill tersebut bisa berupa keahlian menulis artikel (banyak yang membutuhkan), penerjemah, coding, editing video, desain grafis, dan lain-lain.

Untuk situs atau platform freelance sendiri ada banyak sekali jumlahnya di internet. Berikut adalah daftar situs freelance yang cukup populer.

  • Upwork
  • Fiverr
  • Toptal
  • Sribulancer
  • Freelancer Indonesia
  • Projects.co.id
  • Crowdsource
  • dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penutup

Demikianlah rekomendasi pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan tanpa keluar rumah dengan bermodalkan Laptop dan Kuota Internet. Rekomendasi tersebut di antaranya adalah :

  1. Menjadi Blogger
  2. Menjadi Youtuber
  3. Menjadi Dropshipper Masker / Handsanitizer
  4. Berbisnis Microstock
  5. Menjadi Freelancer di situs freelance online

Semoga bermanfaat.

Taufiq
Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.