Taufiq Cuma seorang Blogger yang berusaha rajin menerbitkan konten. Kadang juga jadi Trader forex & crypto kalau ada duit nganggur. Di sisi lain punya impian menjadi Full Stack Developer, tapi masih mentok aja belajarnya di javascript:v

Cara Mengundi Giveaway Twitter (Cepat & Tanpa Ribet)

2 min read

Mengadakan sebuah undian berupa giveaway merupakan salah satu cara efektif untuk menjalin kedekatan kita dengan para followers kita. Sejatinya, dengan mengadakan giveaway maka tingkat engagement sosial media kita akan meningkat secara drastis. Sehingga hal tersebut membuat kita tidak perlu bersusah payah untuk membuat konten-konten/tulisan menarik untuk menarik minat orang lain terhadap kita.

Hanya saja perlu digaris bawahi bahwasanya metode promosi dengan cara mengadakan undian giveaway seperti ini sifatnya hanyalah sementara. Maksudnya ialah, di saat undian berlangsung orang-orang akan berkerumun dan mau melakukan syarat apa saja agar dapat mengikuti undian yang kita buat. Dan setelah acara undian selesai, maka biasanya tingkat keramaian sosial media kita akan kembali seperti semula.

Namun hal tersebut sepertinya tidak akan terjadi apabila hal yang akan kamu giveaway kepada para followers mu masih berhubungan dengan produk/bisnis yang kamu jalankan.

Misalnya kamu merupakan owner / penjual sebuah produk kecantikan. Semestinya barang yang kamu giveaway adalah hal-hal yang berhubungan dengan produk kecantikan tersebut, sudah semestinya sih 😀

Karena pada dasarnya sarana promosi dengan cara giveaway seperti ini merupakan langkah efektif untuk memperkenalkan produk kita kepada orang lain. Tujuannya jelas, agar orang-orang lebih tahu dan selanjutnya membeli serta mereferensikannya kepada teman-teman terdekat. Itupun kalau produk yang kita hasilkan merupakan produk yang memberikan value terhadap mereka.

Berbicara mengenai giveaway, giveaway bisa dilakukan lewat media apa saja. Bisa melalui instagram, facebook, twitter, ataupun website milik sendiri.

Berdasarkan riset yang saya lakukan, melakukan undian giveaway melalui twitter merupakan salah satu cara yang cukup mudah dan murah untuk dilakukan.

Alasannya, dengan twitter kita bisa memanfaatkan hashtag-hashtag tertentu untuk menggaet orang lain agar tertuju kepada Tweet giveaway yang kita buat.

Selain itu, orang-orang di Twitter sepertinya lebih terbiasa dengan post berupa tulisan ketimbang gambar/video. Sehingga kamu bisa memaksimalkan kesempatan tersebut dengan menyisipkan copywriting yang menurut kamu ampuh 😀

Setelah tahu keuntungan melakukan undian giveaway melalui twitter, saatnya adalah mengundi pemenangnya.

Untuk melakukan pengundian sebetulnya dapat dilakukan dengan beberapa cara. Selain itu tergantung juga dengan persyaratan yang kamu buat.

Cara Mengundi Giveaway Twitter (Cepat & Tanpa Ribet)

Cara 1 : Manual

Untuk cara pertama, undian bisa dilakukan secara manual. Maksudnya ialah kita sendiri yang memilih pemenangnya berdasarkan kriteria yang kita buat. Bisa dengan komentar dengan like dan retweet terbanyak. Atau berdasarkan komentar dengan cerita/alasan menarik kenapa ingin mendapatkan produk yang diundi.

Sebaiknya waktu undian dengan cara manual dibuat agak lama. Tujuannya agar orang-orang banyak yang tahu.

Kelebihan menggunakan cara manual menurut saya adalah para kontestan undian biasanya akan secara sukarela mempromosikan tweet / komentar yang mereka tulis kepada teman-teman mereka untuk meminta bantuan like & retweet. Dan secara tidak langsung itu meningkatkan engagement sosial media twitter kita 😀

Kekurangan menggunakan cara manual menurut saya ialah cukup sulit untuk menentukan siapa pemenangnya, bukan sulit sih lebih tepatnya repot karena kita mesti mensortir dan membaca tweet demi tweet yang dirasa bagus ceritanya. Selain itu, biasanya orang-orang sering menganggap kalau giveaway yang dipilih langsung pemenangnya oleh si pengundi adalah rekayasa.

Cara 2 : Otomatis

Nah untuk cara kedua yang merupakan cara otomatis cukup cocok bagi kamu yang gakmau ribet.

Untuk cara otomatis ini sepertinya kita tidak perlu membuat syarat komentar dengan cerita terbagus atau like & retweet terbanyak. Karena yang namanya otomatis maka pemenangnya akan dipilih secara acak. Tidak peduli siapa dan seperti apa komentarnya.

Kebanyakan, orang-orang yang menggunakan cara otomatis ini mensyaratkan para kontestan undian untuk memberikan komentar berupa angka 1 – 1000.

Kelebihan menggunakan cara otomatis tentu saja kita jadi lebih hemat waktu. Selain itu, jumlah peserta undian pasti cukup banyak karena syaratnya mudah banget cukup komentar angka 1-100. Iseng-iseng berhadiah lah ya kesannya.

Kekurangan cara ini sebenarnya cuma 1. Biasanya akan ada saja orang-orang yang berkomentar dengan banyak akun. Nah untuk mengakalinya sebaiknya dibuat persyaratan seperti; hanya boleh diikuti oleh akun berumur sekian atau yang dibuat sebelum tahun 2019.

Tujuannya agar akun-akun baru yang terindikasi spam tidak dapat ikutan 😀

Untuk cara pengundiannya, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  1. Buka situs https://commentpicker.com/twitter.php atau ketik di google random comment picker twitter.
  2. Setelah itu klik Login With Twitter. Kemudian klik Izinkan Aplikasi.
  3. Masukan URL dari Tweet Undian kita. Kemudian paste ke Tweet Link. Masukan jumlah minimum followers untuk peserta undian. Selanjutnya masukan juga umur akun twitter yang ikut diundi (dalam hari), misalnya untuk 1 tahun bisa ditulis 365. Klik Get Retweets or Followers.

    Selanjutnya akan muncul jumlah pemenang yang tersortir berdasarkan kriteria followers dan umur akun twitter.
  4. Kemudian scroll kebawah, dan klik tombol Start pada START RAFFLE & PICK RANDOM WINNER.
  5. Tunggu beberapa saat proses undian berlangsung. Setelah itu akan muncul nama pemenangnya secara otomatis.
  6. Selesai.

Penutup

Dari kedua cara di atas menurut saya tidak ada yang jelek. Keduanya sama-sama bagus, tergantung apa, bagaimana, dan siapa yang akan kamu giveaway.

Untuk cara pertama sendiri lebih cocok apabila kamu mengejar orang-orang yang tertarget dengan produk kamu. Sedangkan cara kedua lebih cocok jika kamu mengejar followers atau engagement, meskipun sifatnya hanya sementara. Namun kamu bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk melakukan promosi-promosi terselubung lainnya, muehehehhe.

Demikianlah yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Avatar photo
Taufiq Cuma seorang Blogger yang berusaha rajin menerbitkan konten. Kadang juga jadi Trader forex & crypto kalau ada duit nganggur. Di sisi lain punya impian menjadi Full Stack Developer, tapi masih mentok aja belajarnya di javascript:v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *