Cara Menghapus File/Folder yang Susah Dihapus di Windows

Banyak dari kita yang mendapatkan suatu problem di saat sedang membersihkan penyimpanan komputer, terutama pada sistem operasi Microsoft Windows 7, 8, 10.

Salah satu masalah yang bikin orang stres saat bersih-bersih penyimpanan komputer ialah terdapat beberapa file atau folder yang tidak bisa dihapus. Alasannya adalah folder / file tersebut sedang dijalankan dan mesti dihentikan terlebih dahulu agar bisa dihapus.

Maka dari itu kita mesti yang namanya menghentikan program berjalan yang berhubungan dengan file tersebut.

Nah masalahnya kita tidak tahu menahu kalau file tersebut masih berjalan, dan tidak mengerti bagaimana cara menghentikan prosesnya.

Saya sendiri pernah mendapatkan pesan error “The Action Can’t Be Completed Because the Folder or A File in It Is Open in Another Program. Close The File or Program and Try Again”.

Contoh pesan error.

Jadi pada intinya pesan tersebut memberitahukan kalau file / folder yang hendak kita hapus sedang berjalan pada program lain, makanya kita mesti menyetop dulu program yang menjalankan file/folder tadi.

Agar tidak bingung, berikut ini adalah solusi untuk mengatasi permasalahan file / folder yang tidak bisa dihapus pada sistem operasi windows 7, 8, 10.

Yuk langsung saja.

Cara Hapus File/Folder yang Tidak Bisa Dihapus di Windows

  1. Langkah pertama klik start lalu klik program RUN. Atau tekan tombol Windows + R pada keyboard.
  2. Setelah itu ketik perintah Resmon.exe dan klik OK.
  3. Pada tab Memory, cari program yang dicurigai sedang menjalankan file/folder yang hendak kita hapus. Misalnya di sini saya ingin menghentikan program Atom.exe. Maka saya klik kanan program tersebut dan klik End Process.

  4. Terakhir silahkan coba hapus kembali file/folder yang tadi tidak bisa dihapus. Lalu lihat perbedannya.
  5. Selesai.

Apabila file/foldernya tetap tidak bisa dihapus, maka yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengulangi langkah di atas namun dengan mencari program lain yang berhubungan dengan file/folder yang hendak kita hapus.

Menurut pengalaman saya, setelah kita mempraktekan tutorial di atas maka pesan error tidak akan pernah lagi kita temukan untuk program sejenis.

Demikianlah langkah praktis mengatasi file/folder yang tidak bisa didelete di windows 7, 8, 10.

Cukup mudah bukan?

Kalau ada yang ingin ditanyakan atau dibingungkan, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Saya tunggu dan akan saya jawab dengan sebaik mungkin.

Taufiq
Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.