Taufiq Cuma seorang Blogger yang berusaha rajin menerbitkan konten. Kadang juga jadi Trader forex & crypto kalau ada duit nganggur. Di sisi lain punya impian menjadi Full Stack Developer, tapi masih mentok aja belajarnya di javascript:v

Cara Jualan Barang di Facebook Marketplace Indonesia Agar Laris

5 min read

Sebelum kemunculan Facebook Marketplace, orang-orang terbiasa melakukan jual-beli melalui grup jual-beli facebook berdasarkan kota tempat tinggal (contoh : Jual Beli HP Kota Cirebon & Sekitarnya)

Grup tersebut biasanya berisi orang-orang yang menjual barang dalam kategori tertentu, dan lebih spesifik. Contoh barang yang sering diperjual-belikan di grup facebook adalah Handphone, Laptop, Motor, Rumah, Masker, dan Aksesoris simpel lainnya.

Jika kita pandai melihat peluang, keberadaan grup jual beli tersebut tentunya akan memberikan keuntungan dalam bentuk materi untuk kita.

Baca Juga :ย 4 Penyebab Kenapa Marketplace FB Sepi? Tips Agar Ramai!

Saya sendiri sudah mencoba berjualan barang berupa headset samsung di facebook, dan hasilnya lumayan juga. Dengan modal yang tidak terlalu besar, saya mampu mengambil margin keuntungan yang mencapai lebih dari 2x lipat dari harga modal barang yang saya jual tersebut.

Hanya saja, tidak selamanya berjualan selalu laris. Tidak setiap hari saya berhasil menjual barang. Terkadang bisa sampai 1-2 minggu baru ada yang serius. Yang ngechat sih banyak, cuma yang beneran mau beli itu keitung jari ๐Ÿ™

Kini telah hadir Facebook Marketplace, yakni sebuah tempat yang disediakan oleh Jejaring Sosial Facebook untuk kita dapat menjual atau membeli barang apapun yang kita inginkan.

Tidak seperti pada grup jual beli yang isinya lebih spesifik dan dengan jangkauan orang dalam lingkup grup itu saja, Facebook Marketplace memiliki jangkauan yang jauh lebih luas. Bahkan kita bisa membuat sebuah radius / lokasi mengenai jangkauan yang kita inginkan.

Nah mungkin banyak dari kamu yang belum tahu cara memanfaatkan keberadaan Facebook Marketplace ini untuk berjualan.

Di bawah ini sudah saya ulas langkah-langkah untuk berjualan di facebook, barang apa saja yang bisa dijual, serta tips agar dagangan kita laris di facebook marketplace ๐Ÿ˜€

Langkah Memasang Dagangan di FB Marketplace

Perlu kamu ketahui, facebook marketplace bukanlah aplikasi terpisah, fb marketplace dapat kita akses melalui aplikasi facebook bawaan atau melalui situs facebooknya langsung.

Nah berikut adalah langkah-langkah berjualan di fb marketplace.

  1. Pertama silahkan login ke akun facebook milikmu melalui aplikasi Facebook atau Facebook Lite.
  2. Setelah login, silahkan klik icon Toko / Kedai, lalu klik Jual.
  3. Pilih kategori barang yang ingin kamu jual. Jika kamu hendak menjual barang elektronik seperti radio, HP, TV atau lainnya bisa memilih Barang. Ada juga kategori lain seperti Kendaraan dan juga Rumah Dijual atau Dikontrakkan.
  4. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman Penawaran Baru. Di sinilah tempat kamu mengatur barang daganganmu seperti mengupload foto produk, memberi judul dagangan, mencantumkan harga, kondisi barang, dan jangan lupa deskripsi barang yang akan dijual.
  5. Kamu bisa menyembunyikan daganganmu dari teman fb mu. Tujuannya sih agar mereka tidak lihat dagangan kita ๐Ÿ˜€ Selain itu kita pun bisa menawarkan dagangan kita ke lebih banyak tempat melalui grup jual beli yang kita sudah bergabung sebelumnya.
  6. Klik Terbitkan dan tunggu proses peninjauan berlangsung. Jika berhasil, maka daganganmu sudah muncul di FB Marketplace dan tinggal menunggu pembeli datang kepadamu.

Barang Apa Saja yang Bisa Dijual di FB Marketplace?

Semua barang sepertinya bisa kita jual. Selama barang tersebut bukanlah barang ilegal, hasil curian, atau barang yang diharamkan.

Berikut adalah barang-barang yang paling banyak diperjual-belikan di FB Marketplace.

  1. Handphone Android / Iphone
  2. Laptop, Macbook, Komputer, PC Gaming
  3. Mobil, Sepeda, Motor, Accesories Motor, Helm, Ban
  4. Headset, Case HP, Kartu Perdana Nomor Cantik, Charger HP, LCD HP, baterai HP
  5. Jaket, Kaos, Celana, Sendal, Sepatu, Jam Tangan, Cincin, Kacamata
  6. Kerudung, Jilbab, Busana Muslim
  7. Playstation 2,3,4
  8. Obat-obatan herbal
  9. Kamera, Audio, TV, Set Top Box
  10. Kasur, Rak Piring, Meja, Kursi, Seprai
  11. Gerobag, Korek Api, Senter
  12. Makanan Ringan (Delivery Order) seperti Seblak, Cilok, Piscok, Telur Gulung, Dimsum, Nasi Kotak, Basreng
  13. Rumah Kontrakan, Jual Perumahan, Sewa Ruko, Jual Tanah
  14. Jasa Pemasangan Wifi, Jasa Angkut Barang Pindahan Rumah, Jasa Urut Keseleo

Tips Agar Barang Dagangan Laris di FB Marketplace

Setelah memasang dagangan di fb marketplace, tentu pembeli tidak langsung datang secepat itu. Melainkan perlu waktu beberapa jam, hari, bahkan minggu.

Hal tersebut bergantung kepada beberapa hal. Seperti barang yang kamu jual, harga yang kamu pasang, dan lokasi tempat tinggal mu.

Berikut adalah sedikit tips agar jualan di marketplace bisa lebih laris.

1. Jangan Pasang Harga Terlalu Mahal

Seberapapun berkualitasnya barang yang hendak kamu jual, pastikan tidak memasang harga terlalu mahal, dan usahakan untuk mematok harga yang tidak beda jauh dengan harga pasaran.

Bagaimana kita bisa tau harga pasarannya berapa?

Cara termudah untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan riset sederhana mengenai produk serupa yang dijual di marketplace FB. Jika barang yang kamu jual adalah headset, silahkan cari produk headset, dan amati produk-produk yang muncul dari kompetitor. Mulai harga, deskripsi, sampai foto produknya.

Jika harga yang dipasang kebanyakan di angka 20-30 ribu, pastikan kita pun memasang harga yang tidak jauh dari harga tersebut.

Tujuannya sih ya biar pembeli gak ngerasa kemahalan aja ๐Ÿ˜€

2. Upload Foto Produk Sebagus Mungkin

Foto produk mungkin seringkali kita sepelekan. Padahal, dari foto tersebutlah para pembeli membayangkan barang yang kita jual. Jika fotonya saja tidak jelas, bagaimana bisa produk tersebut memikat pembeli untuk membeli produk yang kita jual.

Selain foto yang harus jelas, usahakan untuk mengupload foto lebih dari satu. Tujuannya agar pembeli lebih percaya kalau barang yang kita jual adalah asli dari kita, bukan nyomot dari orang.

Dari buku Copywriting yang saya baca, foto produk sangat berpengaruh karena sebagian besar pembeli memutuskan untuk membeli sebuah produk berdasarkan perasaan. Dan perasaan tersebut terbentuk salah satunya karena “mungkin” terpikat oleh foto produk yang kita upload.

3. Buat Deskripsi Singkat, Jelas, Persuasif

Selain foto, deskripsi produk pun sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan kita di facebook marketplace.

Lagi-lagi mengutif dari buku copywriting yang saya baca,

Dua iklan menayangkan dua produk yang sama. Namun satu iklan memiliki penjualan lebih tinggi dibanding iklan satunya. Setelah diteliti ternyata bukan produknya yang salah, melainkan deskripsi iklan dengan penjualan lebih tinggi lebih menarik dan mampu memikat minat pembeli.

Maka dari itu, buatlah deskripsi yang meyakinkan, buatlah seakan-akan kalau barang yang kita jual itu istimewa, terbatas, original, atau apapun itu.

Hanya saja, pastikan kesan yang kita berikan tersebut berbanding lurus dengan kualitas produk yang kita jual.

Jangan sampai, produk yang kita jual bukan original, kita malah mencantumkan kata original.

Selain itu, jangan lupa untuk mencantumkan kontak whatsapp dan tempat COD yang kita kehendaki.

4. Pakai Akun Facebook Asli

Tips keempat adalah selalu berjualan menggunakan akun facebook asli.

Sebetulnya ini bisa berpengaruh bisa juga tidak, tergantung barang yang kita jual.

Hanya saja, jika saya memposisikan diri sebagai pembeli, tentu lebih membeli barang yang diiklankan oleh akun facebook asli, yang memiliki foto profil jelas, dan bukan akun klonengan.

Menggunakan akun facebook asli bertujuan agar kepercayaan calon pembeli meningkat dan tidak ragu untuk langsung mengajak kita ketemuan ๐Ÿ˜€

5. Upload Produk Secara Berkala dengan Akun Berbeda

Tips kelima mungkin boleh dilakukan boleh juga tidak. Karena tujuan kita mengupload produk secara berkala dengan akun facebook yang berbeda adalah agar barang dagangan kita memiliki kesempatan lebih tinggi untuk dilihat oleh orang lain.

Jika kita uploadnya hanya sesekali, mungkin saja barang dagangan kita akan tenggelam karena tertimpa / tertumpuk oleh barang dagangan orang lain, sehingga tidak memiliki kesempatan untuk dilihat oleh calon pembeli yang mungkin saja jadi beli jika mereka melihat dagangan kita ๐Ÿ™

Sebagai informasi tambahan, orang yang jualan di fb marketplace itu gak cuma satu dua orang, tapi ada ribuan orang, apalagi untuk satu kota ???

6. Mengiklankan Produk dengan FB Ads

Nah untuk tips nomor 6 sebaiknya tidak dilakukan apabila kita masih pemula. Karena pada dasarnya FB Ads merupakan langkah marketing yang membutuhkan skill dan pengalaman, jadi tidak bisa sembarangan.

Kenapa tidak bisa sembarangan? Sebab, salah-salah dikit iklan yang kita pasang malah menjadi boncos. Boncos dalam artian modal untuk budget iklan sudah tekuras, tapi barang dagangan masih saja sepi tidak sebanding dengan budget iklan yang telah dikeluarkan tersebut.

Maka dari itu, pengetahuan dan pengalaman sangat penting jika kita ingin memasarkan produk kita dengan FB Ads.

Jika kita sudah mahir, bukan hanya dapat meminimalisir boncos, tetapi juga mampu mendatangkan puluhan atau bahkan ratusan order perharinya melalui FB Ads.

7. Riset Produk

Tips terakhir mungkin kamu perlu melakukan riset sederhana. Riset ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Demmand / seberapa laku sih produk yang hendak kita jual di pasaran?

Jangan sampai, setelah kita belanja barang dan memasang dagangan kita di FB Marketplace, ternyata barang tersebut kurang diminati di pasaran.

Cara risetnya sih gak susah, tinggal kamu buka grup jual beli di facebook yang berhubungan dengan produk yang hendak kamu jual. Jika muncul atau sering dibahas, maka kamu bisa langsung menjual barang itu tanpa ragu.

Selain itu, coba juga cek di FB marketplace mengenai produk sejenis. Jika tidak muncul, berarti produk kurang diminati. Jika muncul tapi sedikit artinya persaingan masih mudah. Dan jika muncul banyak, artinya persaingan cukup sulit tapi barangnya cukup banyak peminatnya.

Penutup

Berdagang tentu merupakan pekerjaan mulia. Bahkan Nabi Muhammad SAW sendiri mengatakan kalau โ€œSesungguhnya sebaik-baiknya usaha adalah usaha berdagang.โ€. Apalagi saat ini sudah ada tempat / media bernama FB Marketplace, tentu saja berjualan akan terasa menyenangkan dan praktis.

Hanya saja berdagang bukanlah sesuatu yang instan. Butuh kesabaran ekstra tinggi. Menurut saya berdagang di fb marketplace lebih cocok untuk sampingan saja sambil mengisi waktu luang.

Toh kalau kita menjadikannya usaha sampingan, mau ada orderan atau tidak pun kita tidak merasa rugi apapun.

Demikianlah yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Avatar photo
Taufiq Cuma seorang Blogger yang berusaha rajin menerbitkan konten. Kadang juga jadi Trader forex & crypto kalau ada duit nganggur. Di sisi lain punya impian menjadi Full Stack Developer, tapi masih mentok aja belajarnya di javascript:v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *