Contoh Rekening Koran BCA & Cara Membaca Transaksinya

Salah satu keuntungan menggunakan Bank BCA adalah kita bisa mencetak Rekening Koran sendiri tanpa harus mengantri di Bank. Karena di BCA kita sudah disediakan fitur untuk mencetaknya sendiri melalui internet banking BCA yang kita miliki.

Tentu saja untuk dapat mengakses ibanking BCA kita diharuskan mendaftar terlebih dahulu ke Kantor Cabang BCA terdekat. Gunanya agar kita memiliki User ID dan Password untuk login.

Rekening koran adalah kumpulan mutasi dari keseluruhan transaksi pada sebuah akun rekening. Biasanya dihitung per 1 bulan terakhir.

Rekening koran sangat berbeda dengan mutasi rekening biasa. Pada mutasi rekening biasa, seringkali kita diberikan batasan waktu dalam melihat transaksinya. Biasanya hanya 7 hari saja. Sedangkan rekening koran bisa sampai 1 bulan full.

Di dalam mutasi tersebut tentunya berisi transaksi-transaksi yang kita lakukan selama 1 bulan. Entah kita melakukan transfer ke orang lain, melakukan pembayaran di Minimarket, atau bukti transferan dari orang lain pun akan tercantum di dalam rekening koran ini.

Makanya banyak Bank / Leasing yang mewajibkan setiap Calon Debiturnya menjadikan rekening koran sebagai salah satu syarat akad kredit, tujuannya tentu saja untuk mengetahui perputaran uang pada Calon Debiturnya tadi.

Di postingan sebelumnya saya sudah bebagi cara cetak rekening koran sendiri 3 – 6 bulan terakhir tanpa harus pergi ke Bank. Postingan tersebut bisa kamu baca melalui link berikut : Cara Cetak Rekening BCA sendiri 3 Bulan terakhir.

Namun, di postingan tersebut saya lupa memberikan contoh seperti apa sih tampilan dari Rekening Koran BCA pada umumnya? dan juga tidak menjelaskan tata cara membaca rekening korannya. Maka dari itu di postingan ini saya ingin melengkapi kekurangan dari postingan tersebut 😀

Yuk langsung saja.

Contoh Rekening Koran BCA

 

Penjelasan Setiap Transaksi di Rekening Koran BCA

Di dalam rekening koran kita akan menemukan nama-nama dari transaksi yang sudah kita lakukan. Berikut adalah penjelasan dari setiap nama transaksi tersebut agar kamu bisa membacanya.

1. SWITCHING DB

Merupakan transferan keluar ke beda Bank. Misalnya dari BCA (kita) ke bank BRI (orang lain), maka dinamakan Switching DB.

2. SWITCHING CR

Merupakan transferan masuk dari beda Bank. Misalnya transferan dari teman kita (bank BNI) ke rekening kita (BCA), maka transaksinya dinamakan SWITCHING CR.

3. TRSF E-BANKING DB

Merupakan uang yang keluar dari rekening kita. Bisa berupa transferan ke sesama BCA, ataupun melakukan pembayaran di online shop melalui Virtual Account BCA.

4. TRSF E-BANKING CR

Merupakan kebalikan dari TRSF E-BANKING DB pada nomor 2. TRSF E-BANKING CR biasanya merupakan uang masuk dari sesama pengguna BCA. Seringkali Perusahaan tempat kita bekerja pun mengirimkan gaji bulanan dalam bentuk TRSF E-BANKING CR.

5. TARIKAN ATM

Transaksi saat kita melakukan penarikan uang di sebuah ATM.

6. SETORAN VIA CDM

Transaksi saat kita melakukan setor tunai di sebuah ATM.

7. SETORAN TUNAI

Transaksi saat kita melakukan setor tunai di Kantor Cabang BCA.

8. BIAYA ADM

Merupakan biaya bulanan yang rutin kita bayarkan setiap hari Jum’at pada minggu ke tiga setiap bulannya. Nominal Biaya Adm setiap rekening tentu akan berbeda-beda, tergantung produk yang dipilih. Misalnya kita menggunakan BCA GPN Blue, maka biaya yang kita keluarkan biasanya berkisar 14-15ribu rupiah.

9. KARTU DEBIT

Transaksi saat kita melakukan pembayaran menggunakan Kartu Debit.

10. KARTU KREDIT

Transaksi saat kita melakukan pembayaran menggunakan Kartu Debit.

11. KR-OTOMATIS

Biasanya digunakan untuk transaksi yang dilakukan secara otomatis. Contoh penggunaan KR-Otomatis yakni pada payroll / pembayaran gaji karyawan yang dibayarkan otomatis setiap tanggal sekian.

12. BUNGA

Merupakan biaya/bunga yang dibayarkan Bank kepada kita atas kepercayaan kita menyimpan dana di Bank tersebut.

13. PAJAK BUNGA

Pajak yang dikenakan atas bunga yang kita terima.

Penutup

Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan mengenai contoh tampilan dari rekening koran BCA beserta penjelasan mengenai keterangan-keterangan yang akan kita temui saat membaca rekening koran.

Tentu saja penting mengetahui arti dari setiap keterangan transaksi pada sebuah rekening koran, terlebih jika profesi kita adalah seorang Credit Analyst di sebuah Bank/Leasing ataupun cuma sekadar memahami transaksi di rekening sendiri 😀

Yaps mungkin cukup segitu yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Taufiq
Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.