Cara Cetak Rekening Koran BCA Sendiri Lebih 3 Bulan

Rekening Koran adalah suatu riwayat transaksi perbankan yang dapat dilihat dan dipergunakan oleh Nasabah Bank. Dengan adanya rekening koran maka seluruh transaksi yang berhubungan dengan Bank seperti transfer, credit, dll akan tercatat pada riwayat transaksi atau biasa kita kenal “mutasi rekening“.

Tiap Bank di Indonesia memiliki kebijakan yang berbeda-beda dengan penerbitan Rekening Koran. Rek Koran BCA baru bisa dilihat dan dicetak setelah lewat 1 bulan alias hanya bulan sebelumnya saja.

Berbeda dengan Rekening Koran BRI yang bisa kita lihat kapan saja tanpa perlu menunggu bulan sekarang habis dulu / nunggu bulan depan.

Rekening koran sendiri dipergunakan sebagai syarat untuk pengajuan kredit. Entah itu kredit perumahan, mobil, maupun cuma sekadar pengambilan motor.

Meski kedengarannya sederhana, nyatanya masih banyak orang yang belum tahu cara mencetak rekening koran.

Padahal cukup mudah, kita hanya perlu datang ke Kantor Cabang Bank terdekat sambil membawa KTP & Buku Tabungan lalu meminta pencetakan rekening koran selama beberapa bulan terakhir.

Selain lewat Kantor Cabang Bank terdekat, kita pun bisa mencetak rekening koran BCA sendiri dengan bantuan Internet Banking. Cara ini menurut saya lebih praktis dan hemat waktu ketimbang harus pergi ke Cabang Bank, belum lagi kalau antri.

Berikut adalah cara cetak Rekening Koran via E-Statement Tabungan dan Giro BCA selama beberapa bulan terakhir. Bisa 3 bulan atau 6 bulan terakhir. Tergantung kebutuhan.

Yuk disimak.

Cara Cetak Rekening Koran BCA Sendiri

Sebelum mulai pastikan kalau Anda sudah mendaftar Ibanking BCA agar dapat mengakses layanan Internet Banking. Jika belum silahkan datang ke Kantor Cabang terdekat untuk mendaftar Ibanking.

  1. Langkah pertama buka situs klikbca di klikbca.com
  2. Setelah itu klik login untuk Individual Akun.
    klik bca
  3. Selanjutnya masukan User ID dan Pin Ibanking Anda.
  4. Klik e-Statement dan pilih Savings and Giro.
  5. Selanjutnya pilih bulan / periode transaksi yang ingin Anda cetak mutasinya. Misalnya saya ingin cetak bulan Maret, maka saya pilih bulan Maret pada e-Statement Period.  Terakhir klik Download.
  6. Selanjutnya rekening koran Anda pun akan terunduh secara otomatis dalam format .PDF. Nantinya file ini bisa Anda buka dengan browser chrome dan langsung dicetak.
  7. Untuk mengunduh rekening koran bulan lainnya, Anda tinggal mengulangi langkah di atas beberapa kali.
  8. Selesai.

Untuk metode pencetakannya sebetulnya gampang saja. Anda cukup buka file .PDF yang telah terunduh barusan dengan menggunakan browser chrome. Lalu klik icon Printer.

Terakhir klik Print.

Selesai!.

Cara Membaca Rekening Koran

Pada setiap transaksi di rekening koran BCA biasanya terdapat keterangan-keterangan tertentu yang mewakili tiap transaksi. Maka dari itu, untuk dapat membaca suatu rekening koran maka kita perlu memahami arti dari tiap-tiap keterangan tersebut.

Kabar baiknya saya sudah membuatkan artikel khusus yang menjelaskan cara membaca rekening koran BCA yang benar beserta contohnya. Silahkan menujut artikel ini Cara Membaca Transaksi Rekening Koran BCA Beserta Contohnya.

Penutup

Demikianlah cara saya dalam melihat sekaligus mencetak mutasi rekening / rekor BCA tanpa perlu ke Bank. Tentunya cara ini memerlukan User ID dan Password Ibanking yang sebelumnya mesti Anda daftarkan terlebih dahulu. Selebihnya kita atur sendiri.

Ohya, untuk format atau tampilan rekening koran yang dicetak dari ibanking ini tidak ada bedanya dengan tampilan rekening koran yang dicetak melalui Bank. Perbedaannya mungkin hanya terletak pada kualitas printer yang digunakan. Di mana tinta printer yang digunakan Bank lebih bagus, biasanya hehe.

Selain itu, ketika kita mencetak rekening koran langsung ke Bank, biasanya akan diberi cap stempel.

Taufiq
Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.