Cara Cek Nomor Rekening BRI Online Lewat HP Android

Banyak dari kita yang sering lupa dengan nomor rekening bank yang kita miliki. Padahal no rekening sangatlah penting untuk diingat, terlebih jika pekerjaan kita berhubungan dengan transaksi perbankan.

Setiap bank di Indonesia memiliki jumlah digit no rekening yang berbeda-beda. BCA memiliki 10 digit angka, berbeda dengan BRI yang memiliki digit rekening lebih panjang sampai 15 angka.

Tentu saja bagi pengguna Bank Rakyat Indonesia / BRI ini akan cukup kesulitan menghafal 15 angka acak.

Saya sendiri adalah pengguna BRI, dan BRI merupakan bank yang pertama saya gunakan setelah BCA.

Meski jumlah digit pada rekeningnya cukup panjang yakni sampai 15 angka, namun kita tidak perlu takut apalagi khawatir. Karena kita bisa dengan mudah mengeceknya melalui ATM-ATM terdekat.

Selain melalui ATM, kita pun bisa mengeceknya melalui Ponsel Android yang kita miliki. Di mana hal ini terasa lebih praktis dan hemat waktu.

Berikut adalah cara saya dalam melihat nomor rekening BRI secara online hanya melalui hp android. Yuk disimak.

Cara Cek Nomor Rekening BRI Online

Untuk mengakses BRI online sebetulnya kita bisa menggunakan Laptop dan juga ponsel android. Namun di postingan ini saya ingin mencontohkan pengguaan Internet BRI di HP khususnya Android.

Melalui Ibanking BRI

Ibanking BRI atau biasa disingkat IB BRI adalah suatu layanan dari BRI yang memungkinkan kita melalukan transaksi perbankan seperti transfer, mengecek saldo, rekening koran, melihat nomor rekening sendiri, maupun untuk sekadar bukti transfer dari orang lain.

Untuk bisa menggunakan layanan Internet Banking BRI maka diperlukan Username dan Password. User dan Password ini didapat setelah kita mendaftar ibanking di cabang-cabang BRI terdekat. Syaratnya cukup mudah, hanya memerlukan email; nomor hp; ektp; kartu debit; dan buku tabungan.

Namun biasanya pada tahap awal pembukaan rekening, kita langsung ditawari fitur ibanking ini.

Berikut adalah cara melihat no rekening BRI kita melalui IB BRI.

  1. Langkah pertama buka situs ib.bri.co.id melalui browser chrome.
  2. Setelah itu login menggunakan user dan password yang Anda miliki.
  3. Selanjutnya klik menu, lalu klik tulisan Rekening Informasi & Mutasi.
  4. Klik Saldo Tabungan, lalu geser ke bawah, dan no rekening pun bisa Anda lihat.
  5. Selesai!

Melalui Mobile Banking BRI

Selain lewat IB BRI seperti yang sudah saya jelaskan di atas, ada cara lain yang jauh lebih praktis dan simpel. Cara ini menggunakan aplikasi BRI Mobile atau BRI Mo.

Keduanya sama-sama aplikasi resmi dari BRI. Saya sendiri lebih sering menggunakan BRI Mobile ketimbang BRI Mo. Tidak ada alasan lain, mungkin sudah terbiasa karena sejak awal saya selalu menggunakan BRI Mobile untuk sekadar mengecek saldo ataupun melihat Nomor Rekening.

Ohya untuk dapat menggunakan layanan BRI Mobile maka dibutuhkan user dan password untuk login.

Berikut adalah cara melihat no rekening BRI melalui aplikasi BRI Mobile

  1. Langkah pertama download aplikasi BRI Mobile melalui Google Playstore.
  2. Setelah itu buka lalu klik Internet Banking BRI dan login menggunakan Username dan Password yang Anda miliki.
  3. Terakhir klik tulisan Info Rekening. Dan No Rekening pun akan tampil bersamaan dengan jumlah saldo kita.
  4. Selesai!

Penutup

Demikianlah cara melihat nomor rekening secara online lewat HP Android tanpa perlu capek-capek pergi ke ATM atau ke Teller Bank.

Namun yang mesti saya tekankan di sini ialah Anda mesti memiliki user dan password untuk mengakses akun bank Anda secara online. User dan password ini bisa Anda dapatkan dengan mendaftar terlebih dahulu di Kantor Cabang BRI terdekat.

Persyaratannya pun tidak aneh-aneh. Cukup Data Diri seperti KTP / SIM, Buku Tabungan, Kartu Debit, dan No HP atau Email yang masih aktif. Email dan No HP ini nantinya akan dipergunakan sebagai media notifikasi / pemberitahuan apabila terjadi transaksi di akun ibanking Anda. Hal ini merupakan langkah pengamanan yang cukup baik, terlebih jika di rekening Anda tersimpan dana yang cukup banyak.

Namun dalam hal ini saya menyarankan Anda untuk mempergunakan email sebagai media notifikasi, karena gratis. Sedangkan jika Anda memilih menggunakan No HP, maka Anda akan dikenakan biaya berupa potongan Pulsa setiap ada notifikasi yang dihasilkan oleh transaksi ibanking, meski itu cuma cek saldo.

Taufiq
Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.