Taufiq Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.

Cara Memecah File .Rar / Zip Menjadi Beberapa Bagian (Split Rar)

1 min read

Rar / Zip adalah sebuah ekstensi file pengarsipan yang berguna untuk menempatkan beberapa file / folder di satu tempat. Untuk dapat membuat sebuah file .rar maka diperlukan aplikasi pihak ketiga seperti Winrar, 7-zip, winzip, dan lain sebagainya. Aplikasi tersebut berguna untuk menjalankan sekaligus mengkustomisasi file .rar.

Kegunaan lain aplikasi pengarsipan tersebut yaitu untuk memangkas ukuran suatu file menjadi lebih kecil. Caranya yakni dengan melakukan “compressing” yang kebetulan merupakan salah satu fiturnya, dan cara kedua yaitu dengan membagi file nya menjadi beberapa part.

Nah untuk cara yang kedua pastinya sering kita lihat di situs download game atau aplikasi bajakan yang menyajikan file nya dibagi dalam beberapa part. Sehingga kalau mau download file nya bisa nyicil satu-satu.

Tentunya hal ini dapat meminimalisir kegagalan saat download. Karena seringkali terjadi saat mendownload satu file berukuran besar, eh pas sudah 99% progress nya malah mentok gak maju-maju. Pasti bakal uring-ringan wkwk.

Lalu bagaimana sih cara split file rar menjadi beberapa part?

Daripada penasaran, yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Memecah File .Rar / Zip Menjadi Beberapa Bagian

  1. Langkah pertama pastikan aplikasi pengarsipan sudah terinstal di komputer kamu. Di sini saya menggunakan aplikasi Winrar karena gratis dan simpel.
  2. Jika sudah, siapkan beberapa file yang akan diarsipkan kedalam satu file .rar. Misalnya saya akan mengarsipkan beberapa koleksi background saya.
  3. Tempatkan file tersebut dalam satu folder, kemudian klik kanan folder tersebut, lalu pilih Add To Archive.
  4. Pada Compression Method pilih yang Best. Dan untuk pilihan Split to volumes, size kamu mesti menyesuaikan dengan ukuran folder yang akan diarsipkan. Berhubung ukuran folder saya hanya 800KB, maka saya akan membaginya menjad 100KB per File.
  5. Dan file rar pun akan menjadi beberapa bagian. Selanjutnya file rar tersebut bisa langsung kamu bagikan ke orang lain.

Catatan

Bagi yang kurang paham pada pengaturan Split to volumes, size, jadi itu adalah pengaturan untuk menetapkan ukuran perfilenya. Jadi kalau misalkan ukuran file asli (sebelum diarsip) adalah sebesar 800MB, maka kita bisa membaginya menjadi 100MB per file.

Dengan begitu nantinya akan terdapat 8 file rar dengan masing-masing file berukuran 100MB.

Berbeda jika kita menetapkan ukuran per filenya 50MB, maka file rar yang muncul berjumlah 16 buah.

Seperti yang sudah saya katakan di atas, tinggal kita sesuaikan saja dengan selera serta keadaan file yang diarsipkan.

Ohya file .rar yang sudah displit seperti ini untuk membukanya kamu perlu menyatukan beberapa file tersebut menjadi satu file terlebih dahulu. Caranya? Mungkin akan saya share di lain kesempatan. Atau kamu bisa browsing di google, pasti ketemu.

Avatar
Taufiq Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *