Taufiq Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.

Cara Menggabungkan File Rar Beberapa Part Jadi Satu

1 min read

Di postingan sebelumnya saya sudah berbagi cara memecah file rar menjadi beberap part. Nah di postingan ini saya ingin berbagi kebalikannya, yakni menyatukan kembali file .rar yang terbagi menjadi beberapa part.

Seperti yang kita ketahui file yang terbagi dalam beberapa part umumnya didominasi oleh file besar seperti Game atau aplikasi. Tentu saja besar di sini maksudnya lebih dari 1GB ke atas. Kalau di bawah itu sih buat apa dipecah wkwk.

Dengan dipecah menjadi beberapa part maka diharapkan kegagalan saat proses download dapat terminimalisir. Soalnya sering banget kejadian sudah mendownload file berukuran 5GB, eh pas sampai 90% tiba-tiba progress nya berhenti. Terkadang di situ saya merasa sedih ๐Ÿ™

Berbeda jika kita mendownloadnya part per part, maka setiap part yang kita download memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Sehingga memungkinkan kegagalan itu tidak terjadi hehe. Meskipun nantinya terjadi kegagalan saat mendownload, tentunya kita tidak terlalu akan merasa dirugikan. Sebab, ukuran file yang didownload tidak terlalu besar.

Misalnya gini.

Saya mau download file berukuran 10GB.

Kalau saya memutuskan untuk mendownloadnya sekaligus melalui single link tentu saja sangat beresiko, apalagi jika internet yang kita gunakan adalah Prabayar. Pasti jebol tuh kuota wkwk.

Nah berbeda jika saya memutuskan ingin mendownloadnya part per part. Jadi hari ini saya mau download part 1 sampai 3. Nah besoknya saya bisa lanjutkan ke part lainnya.

Tentunya cara ini lebih efisien ketimbang download file nya langsung melalui single link.

Nah lalu gimana sih cara membuka file yang terbagi dalam beberapa part ini? Untuk caranya kita mesti menyatukan terlebih dahulu beberapa file tersebut menjadi satu.

Agar lebih jelas, silahkan simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Menggabungkan File Rar Beberapa Part Jadi Satu

  1. Langkah pertama pastikan kamu sudah menginstal WinRar di PC kamu.
  2. Jika sudah, tempatkan file yang ingin digabungkan dalam satu folder.
  3. Setelah itu Pilih semua file nya atau CTRL + A, lalu klik kanan dan pilih Extract Files.
  4. Nah selanjutnya akan muncul satu buah folder. Dan di folder tersebutlah file yang terbagi menjadi beberapa part berubah menjadi satu file.
  5. Selesai deh ๐Ÿ™‚

Catatan

Sebagai catatan, saya ingin bilang kalau file ber-part seperti ini cenderung lebih efisien dan aman. Namun ada yang bilang kalau menggunakan file yang terpecah seperti ini sering terjadi Corrupt, yang menyebabkan file tidak bisa digunakan.

Tapi ada satu tips dari saya agar tidak mendapat file yang corrupt, yakni dengan cara mendownloadnya melalui situs-situs yang sudah terpercaya. Selain itu, lihat juga pada kolom komentar di website tersebut. Bagaimana tanggapan dari setiap pengunjungnya.

Yaps mungkin cukup segitu dulu untuk hari ini. Semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

Avatar
Taufiq Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *