5 Cara Melihat Spesifikasi Laptop Lenovo Windows 10 (Praktis)

Saat hendak menginstal suatu aplikasi atau game pada laptop, hal pertama yang mestinya kita lakukan adalah mengecek spesifikasi yang dimiliki oleh laptop kita. Kenapa? Karena hal tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan laptop kita dalam meng-handle aplikasi atau game tadi.

Selain itu, hal tersebut pun bertujuan untuk berjaga-jaga agar kita tidak langsung mendownload file dari aplikasi / game yang akan diinstal. Terlebih jika ukurannya sampai puluhan GB seperti game GTA V. Dapat dipastikan kalau spek laptop kita tidak mendukung game yang tadi kita download sampai puluhan GB, kitanya bakal rugi sendiri karena sudah capek-capek download kan wkwk.

Baca Juga : Tips Merawat Laptop Agar Tidak Lemot

Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui spek atau kemampuan dari laptop yang kita miliki sebelum melakukan penginstalan, terutama dari segi hardware seperti RAM, Processor, Memory Penyimpanan, dan VGA.

Untuk pengecekan spesikasi laptop sendiri sebetulnya sangat mudah, terlebih jika kita adalah pengguna sistem operasi windows. Karena untuk pengguna windows cukup banyak sekali aplikasi pengecekan spek laptop.

Nah di postingan ini saya sudah merangkum 5 cara yang bisa kamu pilih untuk mengecek spek laptop yang kamu miliki.

Ohya, Di postingan ini saya mencontohkannya menggunakan laptop lenovo Ideapad S340 dengan sistem operasi windows 10 pastinya.

5+ Cara Melihat Spesifikasi Laptop Lenovo Windows 10 (Praktis)

#1. Melalui My Computer

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk melihat spesifikasi laptop secara lengkap ialah melalui My Computer. My Computer sendiri ialah suatu fitur bawaan pada sistem operasi windows. Fitur ini berguna sebagai tempat mengakses penyimpanan hard drive kita, entah itu Local Disk C:, D:, ataupun E:.

Nah ternyata kitapun bisa menggunakan My Computer untuk melihat spesifikasi laptop kita. Untuk langkah-langkahnya ialah sebagia berikut.

  1. Buka File Explorer.
  2. Selanjutnya cari menu berlogo PC/Komputer, biasanya memiliki nama This PC.
  3. Klik kanan menu tersebut, lalu klik Properties.
  4. Maka spesifikasi dari laptop/komputer kamu pun akan terpampang jelas. Mulai dari RAM ataupun Processor.

#2. Menggunakan DxDiag

DxDiag ialah sebuah fitur pada sistem operasi windows yang berguna sebagai alat diagnostik untuk menguji fungsi DirectX serta memecahkan masalah hardware yang berhubungan dengan suara ataupun video.

Nah dibalik fungsi utama dari DxDiag, ternyata kitapun bisa menggunakan DxDiag ini untuk melihat spesifikasi pada laptop yang kita miliki.

Tidak seperti poin nomor 1 yang hanya terlihat RAM dan Processor nya saja, jika menggunakan DxDiag total VGA pada laptop kita pun akan terlihat jelas. Bisa dibilang lebih lengkap lah.

Untuk tata cara mengakses fitur DxDiag sangat mudah sekali. Berikut adalah caranya.

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuka fitur Run.
  2. Selanjutnya masukan perintah DxDiag lalu tekan Enter.
  3. Akan muncul tampilan dari DxDiag. Nah di sini kamu bisa dengan mudah melihat spesifikasi pada laptop yang kamu miliki.

#3. Menggunakan CMD / Command Prompt

Command Prompt atau yang lebih sering disingkat dengan CMD ialah suatu aplikasi command line interpreter yang tersedia pada sistem operasi Windows. CMD digunakan untuk menjalankan perintah-perintah tertentu.

Ada lebih dari 100+ perintah CMD yang bisa kamu jalankan. Sebagian dari perintah tersebut seperti mengotomatiskan tugas-tugas melalui script atau batch files, melakukan fungsi administrasi tingkat lanjut, dan juga memecahkan beberapa jenis masalah pada Windows.

Nah ternyata kitapun bisa menggunakan aplikasi command prompt ini untuk mengecek spesifikasi pada pc yang kita miliki.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  1. Buka fitur Run dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard.
  2. Masukan perintah cmd pada kotak yang tersedia lalu klik OK atau Enter.
  3. Selanjutnya akan muncul tampilan dari aplikasi Command Prompt berwarna hitam dengan tulisan berwarna putih.
  4. Lalu masukan perintah systeminfo dan tekan enter.
  5. Kemudian akan muncul spesifikasi lengkap laptop kita. Mulai dari OS yang digunakan sampai jumlah memory nya.

#4. Menggunakan Aplikasi Speccy

Jika kamu menginginkan spesifikasi yang tampil lebih lengkap, bahkan bisa melihat suhu dari processor dan juga pada RAM, maka kamu bisa mencoba aplikasi pihak ketiga.

Sebetulnya ada banyak aplikasi untuk mengecek spesifikasi pada laptop.Hanya saja di sini saya ingin merekomendasikan satu aplikasi pengeck spek laptop dengan size ringan dan juga gratis. Nama aplikasi ini adalah Speccy.

Speccy sendiri ternyata dikembangkan oleh developer yang sama dengan aplikasi CCleaner, yakni aplikasi pembersih file sampah pada laptop kita.

Untuk mendownload speccy, kamu bisa langsung menuju link https://www.ccleaner.com/speccy, lalu pilih yang Free Download saja, karena memang yang gratis pun tidak jauh berbeda dengan yang berbayar.

Untuk cara menggunakan aplikasi speccy ini sebetulnya sangat mudah. Kamu tinggal download aplikasinya melalui link di atas, lalu instal seperti biasa.

Jika sudah diinstal, maka aplikasi pun akan terbuka secara otomatis serta menampilkan spesifikasi lengkap laptop kita. Bahkan merek dari hardware nya pun akan kelihatan guys hahaha. Bisa dilihat kalau Harddisk saya menggunakan merek Western Digital 😀

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, hal menarik yang bisa kita jumpai saat menggunakan aplikasi Speccy yakni kita bisa mengetahui suhu dari hardware seperti RAM dan juga Processor.

Ohya, aplikasi speccy pun cukup banyak digunakan oleh para pegiat PC atau orang yang hobi rakit PC, di mana mereka sangat sering memantau suhu dari hardware PC mereka.

#5. Menggunakan Aplikasi CPU Z

Sama seperti aplikasi Speecy pada poin 4, ternyata ada aplikasi pengecek spesifikasi laptop yang tidak kalah lengkapnya. Aplikasi ini bernama CPU-Z.

Sebetulnya bagi kamu yang sudah sering ngegame di HP Android pasti tidak akan asing dengan aplikasi CPU-Z ini. Pasalnya, aplikasi tersebut sangat populer di android karena dapat mengecek spesifikasi android secara lengkap, mulai dari ram sampai chipset yang digunakan.

Ternyata, CPU-Z tersedia untuk versi PC sehingga kita dapat mempergunakan aplikasi CPU-Z ini untuk mengetahui dengan detail spek dari PC yang kita miliki.

Ohya, dibanding dengan Speccy, ternyata CPU-Z pun tidak kalah lengkap. Ya meskipun tidak terdapat informasi suhu dari hardware laptop kita, namun untuk informasi lainnya dijamin lengkap banget.

Penutup

Demikianlah 5 cara yang bisa kamu praktekan untuk mengetahui spesifikasi laptop kamu secara lengkap dan praktis. Dari kelima cara tersebut yang paling saya sarankan ialah menggunakan aplikasi speccy karena informasi yang ditampilkan bukan kaleng-kaleng, karena lengkap bangett.

Yaps mungkin cukup segitu dulu yang bisa saya bagikan di sore hari yang cukup cerah ini. Semoga bermanfaat.

Taufiq
Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.