Cara Mengecilkan Ukuran File dengan Rar Sekecil Mungkin (Kompres)

Pada dasarnya rar adalah suatu jenis aplikasi yang berguna sebagai alat untuk menyatukan banyak jenis file ke dalam satu wadah, dan wadah tersebut biasa disebut rar / zip.

Ada begitu banyak aplikasi yang dapat mengoperasikan file berjenis rar. Di antaranya yang pertama tentu saja Winrar, ada juga 7-Zip, WinZip, FilZip, dan masih banyak lagi.

Namun di antara aplikasi-aplikasi tersebut, saya lebih prefer untuk menggunakan Winrar. Karena selain gratis, winrar pun memiliki pengguna yang sudah cukup banyak.

Sebenarnya bukan gratis sih. Winrar sebetulnya adalah aplikasi berbayar, hanya saja kita sebagai pengguna bisa dengan bebas ingin membeli aplikasi winrar tersebut atau tetap menggunakan yang versi gratis. Dan bagusnya lagi kita tidak diberikan masa trial seperti aplikasi berbayar lainnya.

Selain untuk memecah jumlah file menjadi beberapa part, rar pun bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan ukuran suatu file. Kegiatan ini biasa kita kenal dengan sebutan Compress atau Kompres saja dalam bahasa Indonesia.

Tentu saja aktivitas compressing seperti ini sangat membantu sekali dalam menghemat penggunaan space penyimpanan. Terlebih apabila kita ingin mengupload file tersebut ke penyimpanan di internet.

Hanya saja tidak semua file dapat kita perkecil ukurannya dengan winrar. Beberapa file yang tidak bisa kita kompres salah satunya adalah berjenis .exe.

Untuk langkah-langkah kompres file dengan winrar silahkan simak sebagai berikut.

Cara Mengecilkan Ukuran File dengan Rar

  1. Langkah pertama pastikan aplikasi Winrar sudah terinstal di komputer kamu
  2. Selanjutnya siapkan file yang akan diperkecil ukurannya. Contoh file yang akan saya kompres adalah GTA_SA, yang kebetulan sudah ukurannya 3GB.
  3. Klik kanan file tersebut, lalu pilih Add To Archive…
  4. Kemudian atur seperti berikut ini.
    Archive Format : RAR
    Compression Method : Best
    Dictionary Size : Pilih yang terbesar 1024 MB
    Centang Create solid archivePada pilihan Dictionary Size kamu bisa memilih 1-2 tingkat lebih rendah dari ukuran tertinggi. Tujuannya agar proses kompres berjalan lebih cepat.
  5. Tunggu proses compressing yang sedang berlangsung. Lama atau tidaknya proses ini sangat bergantung pada Dictionary Size yang tadi kamu pilih. Semakin tinggi ukurannya, maka prosesnya pun akan memakan waktu yang cukup lama.Jika kamu sudah terlanjur memilih ukuran yang paling tinggi, dan merasa kelamaan, silahkan cancel saja, dan mengubah Dictionary size ke yang lebih kecil. Bisa 1-2 tingkat lebih rendah dari ukuran paling tinggi.
  6. Apabila proses selesai, maka akan muncul file baru yang telah terarsip dengan ukuran yang jauh lebih kecil.

Penutup

Pada contoh di atas saya sudah berhasil melakukan compressing pada file berukuran 5 GB menjadi hanya 3 GB saja. Kenapa ukurannya tidak sampai beberapa MB saja? Ya, dikarenakan saya menurunkan opsi Dictionary Size menjadi beberapa tingkat lebih rendah dari yang tertinggi, yakni 256 MB.

Jikalau kamu memilih Dictionary Size dengan pilihan yang tertinggi, tentu saja file hasil kompres akan berukuran jauh lebih kecil. Namun, seperti sudah saya katakan di atas kalau prosesnya akan memakan waktu lebih lama.

Hal tersebut dikarenakan proses kompres file rar sendiri memiliki cara kerja yakni dengan mencari elemen-elemen kembar, kemudian menyatukannya menjadi satu. Nantinya, setelah file rar diekstrak; elemen kembar yang disatukan tersebut akan dipisahkan lagi menyesuaikan file aslinya.

Meski begitu saran saya tetaplah menyimpan file asli (yang sebelum dikompres). Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu file yang kamu kompres corrupt atau error tidak bisa dibuka.

Hal tersebut memang bisa saja terjadi, terlebih file yang kamu kompres berukuran sangat besar, sampai puluhan GB.

Yap mungkin cukup segitu dulu yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Taufiq
Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.