#3 Cara Edit Tulisan pada File PDF di Komputer (Praktis)

PDF merupakan singkatan dari Portable Documment Format, yakni salah satu jenis berkas yang paling sering digunakan. PDF digunakan untuk merepresentasikan suatu dokumen 2 dimensi yang berisi teks, angka, gambar, grafik, dan lainnya.

Salah satu keunggulan menggunakan file berformat PDF adalah layout dokumen tidak akan berubah-ubah meskipun dibuka pada perangkat apapun. Selain itu, PDF sangat kompatibel karena dapat dijalankan di hampir seluruh OS, baik Windows; Android, MAC, iOS, dan lainnya.

Tidak sedikit pula orang yang lebih memilih menyimpan foto / gambarnya dalam bentuk PDF ketimbang JPEG langsung.

Alasannya karena file berformat .Jpeg / .PNG seringkali terkompres otomatis saat diupload ke sosmed ataupun dibagikan melalui chat whatsapp. Sedangkan file PDF ukurannya tidak akan berubah, bahkan saat kamu membagikannya melalui whatsapp, maka ukurannya akan tetap, juga kualitas layout / teks di dalamnya akan sama persis seperti aslinya.

Alasan itulah yang membuat banyak sekali orang yang lebih memilih memasukan gambarnya ke dalam bentuk PDF agar semata-mata kualitas media yang dikirim tetap sama seperti aslinya/ tidak terpengaruh compressing saat proses upload ke media sosial / whatsapp.

Di artikel kali ini saya ingin berbagi tips yang berhubungan dengan file PDF. Tips kali ini berupa cara untuk edit teks yang ada pada file PDF.

Bukan hanya teks yang akan bisa diedit, melainkan garis-garis dan juga gambar yang ada pada PDF pun dapat kita edit sesuka hati.

Hanya saja perlu kamu ketahui salah satu syarat wajib agar suatu file PDF bisa diedit adalah file PDF tersebut bukan merupakan hasil scan / foto, melainkan harus file PDF original.

Jika file PDF berisi foto / hasil scan, berarti sudah termasuk ke dalam media gambar. Sehingga untuk mengedit file tersebut diperlukan aplikasi editing foto seperti Adobe Photoshop atau Corel Draw.

Untuk mengetahui apakah suatu file PDF dapat diedit atau tidak adalah dengan melihatnya secara langsung. Apabila tampak tulisannya sangat jernih tidak blur, dan layout nya lurus tidak miring, maka bisa dipastikan kalau file PDF tersebut adalah original dan siap diedit 😀

Agar lebih jelas, yuk langsung saja.

2 Cara Edit Tulisan pada File PDF di Komputer (Gratis)

Ohya, cara edit file PDF di bawah ini memanfaatkan 2 aplikasi terpopuler. Yakni Adobe Acrobat DC dan Corel Draw. Masing-masing mempunyai keuunggulan dan kekurangan. Saya sendiri biasa menggunakan Corel Draw, karena memang baru tahu kalau Adobe Acrobat bisa dipakai buat ngedit PDF.

#1. Cara Edit Teks dan Gambar pada File PDF dengan Adobe Acrobat DC

Keunggulan mengedit PDF dengan Adobe Acrobat adalah tidak diperlukan skill editing yang mumpuni, karena mudah sekali dalam prakteknya. Selain itu, file PDF yang diedit dengan adobe acrobat biasanya memiliki layout, jenis dan ukuran huruf yang nyaris sama seperti aslinya.

Yuk langsung saja.

  1. Pertama download terlebih dahulu Adobe Acrobat DC di internet, lalu instal di komputer kamu.
  2. Setelah terbuka pilih Edit PDF, lalu cari file PDF yang akan diedit.
  3. Jika file PDF nya original, maka kamu bisa langsung mengeditnya di sana.
  4. Kamu pun bisa mengubah ukuran, jenis huruf, jarak antar paragraf dengan Editor yang ada pada panel sebelah kanan 😀

#2. Cara Edit Tulisan dan Gambar pada File PDF dengan Corel Draw.

Sama seperti sebelumnya, corel draw pun memiliki keunggulan yang tidak jauh berbeda. Karena kita bisa mengubah file PDF seperti bentuk bawaannya, sehingga layout ataupun ukuran teks tidak banyak yang berubah.

Hanya saja diperlukan skill dasar mengoperasikan Corel Draw jika ingin menggunakan Tips nomor 2 ini 😀

  1. Langkah pertama download dan instal terlebih dahulu aplikasi Corel Draw di Komputer kamu.
  2. Setelah itu klik kanan pada File PDF yang akan diedit, lalu klik Open With, pilih Corel Draw.
  3. Jika muncul peringatan, silahkan pilih Text pada Import text as. Lalu klik OK.
  4. Selesai deh.. Selanjutnya file PDF pun bisa langsung kamu edit dengan mudah 😀

Kekurangan menggunakan Corel Draw untuk mengedit PDF adalah membutuhkan spesifikasi komputer yang mumpuni untuk menjalankan program ini. Minimal RAM komputer kita mesti di atas 2 GB agar dapat berjalan tanpa hambatan 😀

#3. Cara Edit PDF Menggunakan Microsoft Word

Nah yang terakhir kita bisa menggunakan microsoft word untuk edit pdf. Tentu saja opsi nomor 3 dapat menjadi pilihan terbaik, karena hampir di setiap komputer pasti terdapat program microsoft word entah berapapun versinya 😀

Untuk cara edit PDF pakai Microsft Word berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  1. Pertama siapkan file PDF yang hendak diedit.
  2. Kemudian buka program Microsoft Word, lalu klik Open, dan pilih file PDF yang hendak diedit.
  3. Selanjutnya akan muncul peringatan “Word will now convert your PDF to an editable Word document. This may take a while. The resulting Word document will optimized to allow you to edit the text, so it might not look exactly like the original PDF, especially if the original file contained lots of graphics.” Klik OK saja.
  4. Dan keseluruhan teks pun dapat langsung kamu edit tanpa ribet 😀

Huruf bercetak tebal mengartikan kalau file PDF yang diedit melalui Word tidak akan terjamin akan persis sama dengan file PDF aslinya, terlebih jika file PDF yang kita edit memiliki banyak sekali gambar/grafik.

Maka hal yang harus saya tekankan di sini adalah mungkin ukuran, jarak, ataupun layout PDF kita akan sedikit berubah / tidak seperti file PDF aslinya 😀

Semoga tercerahkan.

Penutup

Demikianlah 3 cara yang bisa kamu praktekan untuk mengedit file PDF di komputer dengan mudah. Cara tersebut yakni menggunakan bantuan aplikasi Adobe Acrobat DC dan juga Corel Draw Graphic Suite.

Bagi yang spesifikasi komputernya tidak terlalu tinggi disarankan untuk menggunakan Adobe Acrobat DC karena lebih ringat dijalankan. Namun, jika ingin fitur editing yang jauh lebih lengkap kamu bisa memilih Corel Draw sebagai pilihan 😀

Yaps mungkin cukup segitu dulu yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Taufiq
Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.