Cara Melihat Bukti Transfer M-Banking & I-Banking BCA Mudah

Bank BCA merupakan salah satu Bank Swasta terbesar di Indonesia. Meski harus bersaing dengan 4 bank BUMN, nyatanya BCA mampu menduduki posisi nomor 1 jika dilihat dari nilai kapitalisasi pasar sahamnya yang tembus Rp. 1.076 T awal tahun 2021 lalu.

Sebagai pengguna BCA saya menganggap kenaikan kapitalisasi pasar saham tersebut sebagai sesuatu yang pantas. Mengingat BCA sendiri memiliki pelayanan yang cukup baik.

Mulai dari Customer Service nya yang fast response juga para pegawai di Kantor Cabangnya yang saya alami sendiri mereka begitu ramah. Meskipun saya hanya sekadar ingin mengganti kartu ATM, namun tetap dilayani layaknya bos besar hahaha.

Bagi pengguna BCA tentu kita mengenal aplikasi M-Banking dan juga I-Banking yang begitu memudahkan transaksi perbankan tanpa harus pergi ke Bank.

Melalui Mobile Banking BCA kita bisa melalukan berbagai transaksi seperti transfer, mengecek saldo, melihat mutasi rekening, cetak rekening koran bca, ataupun melihat bukti transfer dari orang lain.

Berbicara mengenai bukti transfer, di postingan ini saya ingin memberikan langkah-langkah untuk melihat bukti transfer orang lain yang telah mengirimkan sejumlah uang ke nomor rekening kita.

Cara ini menggunakan fitur mutasi rekening yang memang tersedia di aplikasi BCA Mobile ataupun Internet Banking BCA.

Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu ikuti.

Ohya sebelum mulai, pastikan kalau Rekening BCA kamu sudah didaftarkan BCA Mobile dan juga Internet Banking, tentunya agar kamu mendapatkan user id dan password yang berguna untuk mengakses akun bank kamu secara online.

Jika belum, silahkan mendaftar terlebih dahulu ke kantor cabang terdekat sambil membawa Identitas Diri EKTP dan juga Buku Tabungan.

Cara Melihat Bukti Transfer BCA

#1. Melalui Aplikasi BCA Mobile di Smartphone.

  1. Langkah pertama instal terlebih dahulu aplikasi BCA Mobile di smartphone kamu.
  2. Setelah itu login menggunakan Kode Akses yang kamu miliki.
  3. Pilih menu m-info kemudian pilih Mutasi Rekening.
  4. Pilih Periode Mutasi yang kamu inginkan, maksimal 31 hari, dan mutasi yang dapat dipilih adalah 7 hari. Selanjutnya klik Send, lalu masukan Pin m-BCA milik kamu, terakhir klik OK.
  5. Kemudian akan muncul mutasi dari berbagai transaksi yang telah kamu lakukan. Nah untuk melihat bukti transfer BCA dari orang lain, kamu bisa perhatikan pada tulisan CR. CR menandakan Credit yang berarti Uang Masuk. Sedangkan DB berarti Debit yang berarti Uang Keluar.
  6. Apabila ada transaksi berjenis CR dari tanggal dan nama orang yang kamu tuju, maka bisa dipastikan kalau orang tersebut memang sudah melakukan transfer. Jika tidak ada, kamu bisa mempertanyakannya pada orang yang dimaksud.

#2. Melalui Internet Banking BCA

Untuk opsi kedua, dilakukan apabila akun BCA Mobile kamu terkena masalah yang mengakibatkan kamu tidak dapat mengakses BCA Mobile dengan Kode Akses milikmu.

Baca Juga :

Penyebab dan Solusi M-Banking Terblokir

Sebagai alternatifnya kamu bisa memilih Internet Banking BCA yang menggunakan User ID dan PIN m-Banking untuk login nya.

  1. Silahkan kunjungi situs resmi internet banking BCA di https://ibank.klikbca.com/
  2. Kemudian masukan User ID dan Pin m-Banking BCA milikmu.
  3. Setelah itu pilih Informasi Rekening, dan pilih Mutasi Rekening.
  4. Kemudian pilih periode transaksi yang kamu inginkan. Maksimal 31 Hari, dan yang bisa dilihat per 7 hari.
  5. Nantinya akan keluar mutasi dari berbagai transaksi yang kamu lakukan. Silahkan cari transaksi CR atau Credit dari nama pengirim yang kamu cari juga sesuaikan dengan tanggal transfernya. Jika ada, maka transaksinya dinyatakan valid 😀

#3. Melalui Rekening Koran BCA

Kedua langkah di atas sebetulnya sudah cukup untuk melihat bukti transfer BCA dari orang lain. Hanya saja kedua cara di atas diberikan batasan maksimal 31 hari, yang berarti kita tidak bisa melihat transaksi / bukti transfer pada beberapa bulan lalu (di luar 31 hari tadi).

Agar kita bisa memiliki akses melihat transaksi CR lebih dari 31 hari, kita bisa melihatnya melalui Rekening Koran BCA.

Untungnya kita tidak perlu bersusah payah pergi ke Bank hanya sekadar untuk mendapatkan Rekening Koran, karena kita sendiri bisa mengunduhnya sendiri secara langsung di website https://ibank.klikbca.com/, tentunya menggunakan User ID dan Pin m-Banking milik kita.

Untuk langkah-langkah mendapatkan rekening koran BCA, saya sudah menuliskannya di postingan terpisah. Silahkan menuju postingan ini : Cara Mendownload Rekening Koran BCA Beberapa Bulan

Penutup

Demikianlah langkah-langkah untuk melihat Bukti Transfer dari orang lain dengan mengeceknya secara langsung pada mutasi rekening pada akun bank milik kita.

Dengan begitu kita bisa lebih mengetahui kevalidan sebuah bukti transfer yang diberikan orang lain kepada kita. Jika bukti transfer BCA itu palsu, biasanya transaksinya tidak akan terekam pada mutasi akun bank kita.

Sedangkan jika valid bisa dipastikan akan terekam lengkap beserta jumlah transfer, nama pengirim, dan juga tanggal transfernya.

Taufiq
Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.