Taufiq Cuma seorang Blogger yang berusaha rajin menerbitkan konten. Kadang juga jadi Trader forex & crypto kalau ada duit nganggur. Di sisi lain punya impian menjadi Full Stack Developer, tapi masih mentok aja belajarnya di javascript:v

5 Aplikasi Penghasil Uang Halal, Resmi Diawasi Pemerintah

6 min read

Selain sebagai sarana komunikasi jarak jauh, kini smartphone dapat digunakan sebagai alat untuk menghasilkan uang tambahan, atau bahkan uang utama jika kita memanfaatkannya dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga : 5 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dilakukan Di Rumah (WFH)

Saat ini banyak bermunculan aplikasi di smartphone yang digadang-gadang dapat memberikan imbal hasil yang terbilang cukup besar. Biasanya aplikasi-aplikasi ini memberikan kita sebuah tugas / misi untuk kita selesaikan. Setelah misi tersebut kita selesaikan, nantinya kita akan mendapat hadiah / reward berupa koin, dan koin inilah yang kemudian dapat kita tukar dengan uang sungguhan.

Meski demikian, pada kenyataannya ada begitu banyak aplikasi yang “katanya” bisa menghasilkan uang, tetapi ujung-ujungnya hadiah yang berhasil kita kumpulkan dengan susah payah tersebut tidak dapat ditukarkan dengan uang.

Baca Juga : 5 Game Penghasil Uang Terbaik (Langsung Ke Rekening)

Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui aplikasi mana saja yang layak kita perjuangkan dengan sungguh-sungguh agar mendapat uang. Tujuannya agar usaha yang telah kita keluarkan tidak terbuang percuma.

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi penghasil uang yang insya Allah halal, dan beberapa di antaranya diawasi pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

5 Aplikasi Penghasil Uang Halal Resmi Diawasi Pemerintah

1. Neo Bank

Neo bank adalah salah satu aplikasi bank digital. Bank digital sebetulnya hampir sama dengan bank tradisional yang selama ini kita kenal atau gunakan. Hanya saja bank digital lebih berfokus untuk melayani layanan perbankan via internet. Oleh sebab itulah disebut bank digital.

Kehadiran bank digital Neo bank bisa dibilang cukup fenomenal. Bagaimana tidak, di awal kemunculannya bank digital satu ini mengadakan promo yang bisa dibilang cukup gila-gilaan.

Promo tersebut di antaranya adalah bunga pada deposito yang mencapai 8%, lebih besar dari bunga deposito bank pada umumnya yang hanya 3%. Selain itu ada juga jenis tabungan Neo Wow yang bunganya pun cukup besar jika dibanding bunga tabungan bank pada umumnya.

Meski bunganya gak masuk akal, tapi Neo Bank sendiri sudah diawasi oleh OJK, jadi bisa dikatakan aman 😀

Selain bunga yang besar, Neo Bank sendiri menggratiskan biaya transfer antar bank.

Baca Juga : 5 Aplikasi Transfer Uang Beda Bank Gratis Tanpa Biaya Admin

Sebenarnya bukan itu poin utama yang ingin saya bahas.

Di aplikasi Neo Bank sendiri kita bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Meskipun tidak langsung jutaan sekali jalan, tetapi saya yakin jika dilakoni dengan sungguh-sungguh hasilnya cukup lumayan.

Untuk mendapatkan uang di aplikasi Neo Bank yang perlu kita lakukan hanyalah mengumpulkan sebanyak mungkin koin.

Nantinya koin tersebut dapat kita tukar dengan berbagai macam hadiah, salah satunya uang.

Sebagai gambaran, untuk mendapatkan uang 100ribu, kita mesti mengumpulkan koin sebanyak 1.140.000.

Selain uang, kita pun bisa menukar koin yang kita miliki dengan berbagai macam kupon diskon.

Lalu bagaimana cara agar koin kita terkumpul? Untuk mengumpulkan koin di neo bank, dapat dilakukan dalam beberapa cara.

1. Menyelesaikan Tugas

Cara pertama untuk mengumpulkan koin di neo bank adalah dengan menyelesaikan beberapa tugas. Tugas tersebut di antaranya adalah dengan menambahkan teman sekontak yang sudah lebih dulu menginstal neo bank, membuat grup baru, top up e-wallet, transfer ke sesama neo bank, dan masih banyak lagi.

Masing-masing tugas memiliki jumlah hadiah berupa koin yang bervariasi. Semakin sulit tugas yang diberikan, biasanya hadiahnya pun semakin besar.

Untuk bisa menyelesaikan tugas, kamu tinggal login ke akun mu, kemudian pergi ke Dunia Neo, setelah tinggal klik menu Tugas.

2. Mengambil Koin Gratisan

Koin gratisan dapat kita kumpulkan sedikit demi sedikit setiap harinya lewat absen harian. Selain itu, di fitur Dunia Neo sendiri kita disuguhkan koin yang bisa dibilang tinggal metik aja kayak buah, wkwk.

Meski koin yang kita hasilkan dari mode gratis ini kurang banyak, tapi jika dilakoni full sebulan sih saya rasa lumayan juga. Anggap saja mengisi waktu luang sob hehe.

3. Mengundang Teman

Selain mengumpulkan koin, ada cara lain untuk mendapatkan uang di aplikasi neo bank ketimbang mengumpulkan koin tadi.

Cara ini adalah dengan mengundang teman mu untuk mendaftar dan menabung di aplikasi neo bank. Tentunya wajib hukumnya agar temanmu melakukan pendaftaran akun melalui link referral yang kamu berikan.

Satu orang yang kamu ajak bergabung, kamu akan mendapat hadiah sebesar Rp. 25.000. Dan jika temanmu melakukan top up dana di atas Rp. 100.000, maka kamu akan mendapat hadiah tambahan sebesar Rp. 25.000. Cukup menarik bukan?

Tidak hanya itu, temanmu yang kamu ajak pun akan mendapat keuntungan, yakni mendapat Kupon Expereience Rp. 10 jt dan juga Hadiah tunai sebesar Rp. 21.900.

2. Baca Plus, Baca Berita dapat Uang?

Baca Plus – Berita & Humor
Baca Plus – Berita & Humor
Developer: Baca Family
Price: Free
  • Baca Plus – Berita & Humor Screenshot
  • Baca Plus – Berita & Humor Screenshot
  • Baca Plus – Berita & Humor Screenshot
  • Baca Plus – Berita & Humor Screenshot
  • Baca Plus – Berita & Humor Screenshot
  • Baca Plus – Berita & Humor Screenshot
  • Baca Plus – Berita & Humor Screenshot
  • Baca Plus – Berita & Humor Screenshot

Pada dasarnya Baca Plus merupakan aplikasi untuk membaca berbagai macam berita dan juga menonton video berbau humor, politik, ataupun olahraga. Meski menyediakan konten yang begitu banyak, nyatanya Baca Plus hanyalah konten Agregator yang mana mereka menyajikan konten tersebut dari ratusan media terkenal.

Lalu apa hubungannya Baca Plus dengan aplikasi penghasil uang?

Ketika pertama kali menginstal aplikasi ini, perhatian saya dialihkan oleh pemberitahuan mengenai Poin yang baru saja saya terima. Poin tersebut berjumlah 500 poin dan baru akan saya terima jika saya login menggunakan akun sosial media yang kita miliki.

Di Baca Plus terdapat Poin dan Koin. Keduanya merupakan hal yang berbeda.

Koin sendiri adalah alat tukar yang ada di Baca Plus, dan untuk mendapatkannya kita bisa menyelesaikan berbagai macam tugas yang tersedia di halaman poin. Selain itu, koin juga bisa didapat melalui Absen Harian.

Berbeda dengan poin yang mana bisa dibilang sebuah Kurs di aplikasi Baca Plus. Kenapa demikian? Karena ketika kita mendapatkan koin, koin tersebut tidak dapat ditukarkan langsung dengan hadiah, melainkan mesti kita tukar terlebih dahulu koin yang kita miliki dengan Poin.

Cara termudah untuk mendapatkan Poin adalah dengan menginvite teman untuk mendownload aplikasi Baca Plus, yang tentu saja menggunakan kode undangan yang kamu berikan.

Selain itu, biasanya setiap 30 menit atau 1 jam kita akan mendapatkan hadiah berupa poin. Jadi, tunggu saja waktu tersebut sambil baca-baca berita menarik atau menonton video lucu di aplikasi baca plus ini 😀

3. Cash App

Cash App memang aplikasi yang dirancang khusus untuk bagi-bagi hadiah. Hadiah di sini berupa Credits yang nantinya bisa ditukar dengan uang sungguhan.

Untuk bisa mendapatkan Credits, kamu mesti menyelesaikan berbagai macam tugas pada menu Offers. Tidak seperti aplikasi penghasil uang kebanyakan, aplikasi Cash App menawarkan tugas-tugas yang masuk akal untuk diselesaikan. Maksudnya masuk akal adalah tugasnya terbilang mudah dan tidak terlalu sulit.

Contoh tugasnya yakni menonton video berupa iklan selama beberapa detik. Setelah menonton video iklan tersebut nantinya kita akan mendapat upah berupa Credits tadi.

Hanya saja upah dari menonton video iklan tersebut nominal yang dihasilkan cukup kecil sekali, hanya berkisar 2 Credits saja.

Untuk mendapat upah Credits yang lebih besar, kamu mesti menyelesaikan tugas lain. Beberapa tugas dengan upah yang besar adalah yang menugaskan kita menginstal aplikasi-aplikasi tertentu di HP kita.

Ohya, untuk mencairkan Credits yang sudah kita kumpulkan dengan susah payah di aplikasi Cash App ini, kita wajib memiliki akun Paypal. Jadi, upah yang kita terima berbentuk Dolar. Barulah setelah uang masuk ke Paypal, kita bisa langsung menariknya ke rekening bank yang kita miliki.

4. Hello – Humor & Trending

Helo - Humor and Social Trends
Helo - Humor and Social Trends
Developer: POLIGON PTE. LTD
Price: To be announced
  • Helo - Humor and Social Trends Screenshot
  • Helo - Humor and Social Trends Screenshot
  • Helo - Humor and Social Trends Screenshot
  • Helo - Humor and Social Trends Screenshot
  • Helo - Humor and Social Trends Screenshot

Aplikasi hello bisa dibilang merupakan aplikasi yang mirip dengan aplikasi Baca Plus pada nomor dua. Kenapa saya bilang mirip? Karena aplikasi ini mengusung tema yang sama. Yakni sama-sama berisi berita yang sedang hangat saat ini.

Selain itu, kamu pun bisa melakukan diskusi antar sesama pengguna Hello terkait sebuah berita yang muncul.

Nah ternyata di aplikasi Hello ini pun kita diberi kesempatan untuk bisa mengumpulkan banyak hadiah. Hadiah ini masih berupa Helo Coin, akan tetapi nantinya Helo Coin ini akan terkonverse otomatis kedalam rupiah sebelum jam 03:00 WIB.

Sama seperti aplikasi penghasil uang pada umumnya, aplikasi Hello pun menyediakan berbagai macam tugas untuk diselesaikan. Beberapa tugas yang cukup mudah untuk dilakukan adalah membagikan sebuah postingan, mengikuti orang lain, atau pun membuat postingan. Selain itu, apabila kita baca-baca berita di aplikasi Hello selama beberapa menit, maka kita akan mendapat hadiah berupa koin. Semakin lama tentu koin yang dihasilkan semakin banyak.

Hanya saja, hadiah paling besar yang bisa kamu hasilkan sepertinya bukan lewat tugas-tugas tersebut. Melainkan melalui tugas Undang Teman. Jadi, kamu mengundang teman kamu untuk ikutan menginstal aplikasi Hello ini.

Satu teman yang berhasil kamu ajak, kamu akan mendapat reward berupa uang (bukan koin) sebesar Rp. 46.000. Angka yang cukup besar 😀

5. Snack Video

Jika menyebutkan daftar aplikasi penghasil uang, tidak lengkap rasanya jika tidak mencantumkan Snack Video di dalam daftar tersebut.

Snack Video bisa dibilang aplikasi yang cukup mirip dengan tiktok, yakni sebuah platform yang berisi video berdurasi cukup singkat (berkisar 10-30 detik). Ada begitu banyak video yang bisa kita nikmati di Snack Video, entah itu video lucu, politik, ataupun ilmu pengetahuan mengenai fakta-fakta atau misteri.

Hal yang menjadikan Snack Video menarik ialah adanya sistem hadiah berupa koin. Hadiah berupa koin ini dapat kita kumpulkan dengan cara menonton video-video yang ada di Snack Video selama beberapa waktu. Tentunya semakin banyak video yang kita tonton, maka reward yang kita dapat pun semakin besar.

Selain itu ada tugas lain seperti Absen harian, memposting video baru, dan menonton video iklan.

Namun, dari beberapa tugas tersebut, tugas yang paling banyak memberikan kita hadiah sebenarnya ada pada tugas mengundang teman kita.

Jadi, setiap teman yang berhasil kita undang menggunakan Kode undangan yang kita miliki untuk mendownload Snack Video, maka kita akan mendapat Rp. 100.000. Hanya saja, di awal kita hanya mendapatkan Rp. 10.000.

Untuk bisa mendapat sisanya, teman kamu wajib menyelesaikan berbagai macam tugas yang diberikan, tugas yang paling utama sebetulnya yakni waji menonton video selama 15 menit setiap harinya selama 31 hari.

Jika sudah mencapai 31 hari, maka kamu akan mendapat sisa hadiah tersebut sebesar Rp. 90.000.

Penutup

Bisa dikatakan beberapa aplikasi penghasil uang di atas memiliki sistem yang mirip-mirip. Yakni mewajibkan penggunanya menyelesaikan berbagai macam tugas, dan menonton atau membaca konten di aplikasi tersebut dengan waktu yang lama.

Saya rasa, aplikasi ini menyediakan hadiah-hadiah tersebut dengan tujuan untuk menggaet banyak pengguna baru. Siapa sih yang gak tertarik dengan hadiah? Apalagi jika aplikasi-aplikasi di atas tidak memungut biaya sepeser pun. Yang diperlukan hanyalah kemauan dan niat untuk mau mengisi waktu luang dengan mengerjakan tugas yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

Hanya saja, menurut pandangan saya pribadi beberapa aplikasi di atas lebih cocok dilakukan jika kita benar-benar memiliki waktu luang yang kita sendiri bingung mau ngelakuin apa.

Jangan sampai kita menyelesaikan tugas dari aplikasi di atas di waktu yang seharusnya kita bisa produktif.

Kenapa? Karena sejujurnya aplikasi di atas cukup menguras banyak waktu, tapi hasilnya tidak seberapa, wkwk.

Baca Juga : Cara Jualan Barang di FB Marketplace Agar Laris

Maka dari itu, gunakan aplikasi di atas ketika kamu gabut. Ketimbang nonton video di youtube atau baca-baca berita di sosmed, lebih baik bacanya di aplikasi di atas.

Selain mendapat pengetahuan dan hiburan, kita pun mendapat hadiah. Meskipun gak seberapa, tapi saya yakin sih, jika dilakukan dengan peuh keikhlasan, anggap aja kayak baca atau nonton biasa tanpa mengharapkan apapun, kita nikmati, maka lama-lama sudah kekumpul aja tuh hadiahnya.

Demikianlah yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : 5 Aplikasi Untuk Mencatat Pengeluaran Harian Pribadi

Avatar photo
Taufiq Cuma seorang Blogger yang berusaha rajin menerbitkan konten. Kadang juga jadi Trader forex & crypto kalau ada duit nganggur. Di sisi lain punya impian menjadi Full Stack Developer, tapi masih mentok aja belajarnya di javascript:v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *