5 Aplikasi Pembuat Cover Wattpad di Android (Gratis)

Wattpad adalah wadah bagi para penulis yang memiliki minat dan hobi membuat cerita berbasis novel dengan berbagai genre. Dalam membuat novel di Wattpad, sudah seharusnya kita menentukan cover seperti apa yang sekiranya cocok dengan tema novel yang hendak kita tulis.

Misalnya, tema novel yang akan kita tulis adalah tentang horror. Tentu saja cover yang kita gunakan haruslah memberikan kesan dark atau ada seram-seramnya gitu.

Juga sebaliknya, jika tema novel yang kita tulis adalah tentang cinta-cintaan, maka kita bisa mendesain sampul depan novel kita dengan warna-warna cerah seperti warna pink 😀

Nah untuk mempermudah kamu dalam membuat Cover untuk novel yang kamu buat di Wattpad, berikut adalah aplikasi khusus untuk mendesain sampul wattpad yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Yuk langsung saja.

Rekomendasi Aplikasi Wattpad di Android (Gratis)

1. Book Cover Maker

Software ciptaan Designer Pyt Ltd ini merupakan satu-satunya software editing cover yang telah berkolaborasi dengan Wattpad secara langsung. Dengan begitu maka mengherankan kalau aplikasi Book Cover memiliki banyak sekali peminat khususnya di kalangan penulis Wattpad.

Mengapa demikian? Selain software tersebut sudah direkomendasikan langsung oleh Wattpad sendiri. Kelebihan lainnya ialah tersedia berbagai macam background yang jumlahnya mencapai ratusan dan dapat digunakan secara cuma-cuma alias gratis.

Tidak hanya itu, software besutan Designer Pty Ltd juga memiliki jutaan gambar yang dapat memaksimalkan tampilan cover Wattpad yang akan kamu desain.

Hanya saja sangat disayangkan kalau aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar, sehingga kamu perlu membayar Rp. 8,250 setiap bulannya agar dapat terus menggunakan aplikasi Book Cover Maker ini, harga yang cocoklah dengan beragam fitur yang menarik.

Meski demikian, di saat awal penginstalan aplikasi kita diberikan masa percobaan gratis atau free trial selama 7 hari. Setelah melewati batas 7 hari tersebut, kamu akan dikenakan tagihan sebesar Rp. 8,250 perbulannya.

Ohya, selain untuk desain sampul wattpad, aplikasi ini pun bisa kamu manfaatkan untuk mendesain cover buku milikmu. Tentu saja hal ini dapat kamu jadikan sebagai ajang latihan agar lebih paham, oh ternyata seperti ini loh cara desain cover buku haha.

2. Canva

Canva merupakan software editing freemium yang menyandang gelar software editing terbaik android. Istilah Freemium sendiri menandakan kalau aplikasi ini memiliki fitur sekelas aplikasi berbayar, namun dapat digunakan secara gratis.

Meski demikian, jika kamu kurang puas dengan fitur freemium nya, maka kamu bisa menguprage ke fitur premium dengan harga yang bisa dibilang sebanding dengan fitur yang akan kamu dapatkan.

Ada beragam tools editing yang disediakan oleh Canva, untuk menguasai aplikasi ini juga tidak sulit-sulit amat. Dijamin penulis yang belum pernah melakukan editing sekalipun bisa langsung mahir jika menggunakan aplikasi Canva ini. Bukan hanya itu, kamu pun bebas ingin menggunakan background seperti apa sekaligus jenis huruf yang beraneka ragam yang bisa kamu pilih.

3. PicsArt

Ada yang belum mengenal PicsArt? Aplikasi editing foto ini mampu mengedit foto maupun membuat cover wattpad dengan hasil yang luar biasa. Tidak sedikit editor dan penulis telah membuktikannya dengan aplikasi ini.

PicsArt tergolong kedalam aplikasi Freemium, di mana akan tersemat iklan saat kita menggunakan aplikasi ini. Wajar saja, karena berkat iklan-lah kita bisa menikmati aplikasi PicsArt dengan fitur premium secara gratis.

Walaupun begitu, versi free tidak akan mengecewakan pemakainya. Tools PicsArt terbilang cukup lengkap. Terdapat berbagai jenis stiker, sekaligus efek-efek yang unik. Stiker dapat membuat cover wattpad yang kita buat tambah menarik dan terkesan imut. Sedangkan efek unik membuat cover yang kita desain makin keren dan punya ciri khas tersendiri.

Selain itu font yang tersedia di aplikasi PicsArt sangat banyak sekali pilihannya. Jadi, kita bisa dengan mudah menyesuaikan jenis huruf pada cover wattpad yang sedang kita desain.

4. Phonto

Aplikasi pembuat cover wattpad selanjutnya adalah Phonto. Aplikasi ini menyediakan bermacam-macam font yang keren dan background yang dapat digunakan secara gratis. Kurang lebih font yang disediakan Phonto berjumlah 200-an jenis banyaknya.

Karena Phonto hanya menyediakan fitur gaya tulisan dan background saja, kamu dapat menyiasatinya dengan memadukan dua aplikasi editing cover wattpad yang lain. Apabila di aplikasi editing pertama kamu kurang suka dengan gaya tulisannya, maka bisa memakai Phonto untuk mengubahnya.

5. Rhonna Design

Rhonna Design ialah aplikasi untuk membuat cover wattpad terpopuler yang terakhir. Dengan software ini, kamu dapat mendesain beragam cover Wattpad yang menarik. Di Rhonna Design telah tersedia beraneka macam effect, font, dan lain-lain untuk melengkapi design cover kamu. Tak cuma itu, kamu pun boleh menggunakan foto sendiri sebagai background nya.

Namun sayang sekali, aplikasi tersebut berbayar sehingga kamu diharuskan mengeluarkan uang sebanyak Rp. 30.000,-. Akan tetapi saya rasa harga segitu sangatlah worth it, dikarenakan nantinya Cover yang akan kamu hasilkan memiliki kualitas HD dan jernih.

Penutup

Nah, itulah beberapa aplikasi untuk membuat cover Wattpad terpopuler dan dapat dipakai secara gratis di android. Aplikasi di atas akan mempercepat kita dalam menentukan cover apa yang sekiranya cocok untuk cerita wattpad yang kita buat.

Semoga bermanfaat 😀

Taufiq
Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.