Taufiq Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.

5+ Rekomendasi Aplikasi Convert Video Terbaik di Komputer (Gratis)

2 min read

Tidak jarang ketika hendak memutar video pada sebuah perangkat PC, pengguna mengalami berbagai macam masalah. Seperti file video yang kurang kompatibel dengan PC karena ukuran yang terlalu besar atau jenis filenya yang tidak cocok. Akibatnya, pengguna tersebut memerlukan bantuan aplikasi converter video PC untuk menangani permasalahan yang sangat klasik ini.

Kegiatan coverter video sendiri adalah proses untuk mengubah format suatu video dari (misalnya) format MP4 ke format MKV atau sebaliknya. Proses converter seperti ini biasanya dilakukan agar video dapat diputar dengan video player yang kita miliki apabila terkendala tidak kompatibel. Atau dalam kasus lain, tujuan converting video yakni agar video support diedit menggunakan aplikasi editing seperti Adobe Premiere.

Selain itu, ada juga yang memanfaatkan aplikasi convert video ini untuk mengubah format video dari Mp4 ke format audio seperti Mp3. Hal ini bertujuan untuk mengambil suaranya saja :D. Ya, meskipun saat ini sudah banyak banget situs yang menyediakan fitur converting video dari youtube secara gratis, namun menggunakan aplikasi seperti ini juga tidak ada salahnya :D.

Perlu diketahui bersama, bahwa saat ini ada banyak sekali aplikasi converter video PC yang bisa dipakai oleh kita. Aplikasi ini masing-masing telah dibekali pengembangnya dengan kemampuan andal dalam mengonversi berbagai kebutuhan video yang semakin kompleks. Berikut tujuh rekomendasi aplikasi untuk convert video di PC:

5+ Rekomendasi Aplikasi Converting Video Di PC (Gratis)

1. Any VC Free

Rekomendasi aplikasi converter video PC terbaik yang pertama ialah sebuah aplikasi keren bernama Any VC Free. Aplikasi ini dapat dipakai secara gratis baik secara offline maupun online. Menariknya, terdapat banyak fitur dan kemampuan format unggulan yang lengkap banget, membuat pengguna seperti dimanjakan aplikasi ini.

Link Download : https://www.any-video-converter.com/products/for_video_free

Sekilas jika kita masuk ke link tersebut maka kita akan disambut dengan narasi bahasa Inggris dengan logat India. Hal tersebut menandakan kalau aplikasi Any Video Converter ini adalah aplikasi buatan negara India.

2. Aplikasi Handbrake

Menempati rekomendasi kedua, ada aplikasi bernama Handbrake. Jenis aplikasi ini sudah tidak asing bagi para pengguna yang berurusan dengan kebutuhan konversi video menjadi MP3. Ini karena Handbrake bisa dikatakan sebagai converter Video-MP3 yang menjanjikan hasil konversi dengan kualitas unggul. Apalagi, untuk jenis format seperti MP4 atau FLV yang sangat bisa diandalkan.

Link Download : https://handbrake.fr/

3. Prism VC

Ketiga ada aplikasi Prism VC yang sangat efektif dipakai untuk menghadapi masalah video error dan tidak bisa diputar. Pasalnya, kelengkapan fitur format dalam aplikasi converter ini bisa disebut sebagai salah satu yang paling kompleks. Artinya, dengan kekompleksan ini memungkinkan pengguna mengonversi atau memperbaiki beragam file video dengan sangat mudah dan tepat.

Link Download : https://www.nchsoftware.com/prism/index.html

4. Free HD VC Factory

Keutamaan dari aplikasi ini jika dibandingkan dengan jenis lainnya adalah dari segi kesederhanaan tampilan dan kemudahan penggunaan. Pasalnya, selain memiliki ragam fitur convert yang lengkap, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna mendrag dan mendrop video langsung pada aplikasi. Sehingga jalan pintas yang ditawarkan oleh aplikasi ini dianggap efektif dan efisien oleh banyak penggunanya.

Link Download : https://www.videoconverterfactory.com/free-hd-video-converter/

5. Full VC

Seringkali pengguna mengalami kendala saat hendak melakukan pemutaran video berjenis HD di perangkat PC. Lazimnya, hal ini dapat terjadi lantaran adanya ketidaksesuaian antara format video dengan spesifikasi yang dimiliki PC kita. Memang ini cukup menjengkelkan, namun kita tidak perlu khawatir, karena berkat adanya aplikasi Full VC, maka masalah tersebut dapat teratasi dengan mudah.

6. Mediacoder

Biasanya, aplikasi keren bernama Mediacoder ini banyak dipakai untuk mengonversi jenis video yang memiliki format lawas. Alasannya, karena kelengkapan fitur format yang dimiliki Mediacoder sudah tidak diragukan sehingga minim penolakan. Selain itu, aplikasi ini juga menyajikan hasil konversi dalam waktu relatif cepat, membuat pengguna merasa nyaman dan betah pada saat memakainya.

Link Download : https://www.mediacoderhq.com/

7. Fremake VC

Terakhir, namun tidak kalah menarik untuk dipakai saat hendak mengonversi sebuah video di perangkat PC ialah Freemake VC. Kelebihannya adalah selain bisa dipakai untuk mengonversi, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna dalam melakukan pemotongan durasi video. Sehingga sangat efektif dipakai bagi para pengguna yang menginginkan penghematan data pasca konversi dilakukan.

Link Download : https://www.freemake.com/free_video_converter/

 

 

Demikianlah, ketujuh rekomendasi aplikasi converter video PC terbaik yang bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai masalah pemutaran video yang dihadapi pengguna. Tentunya, seperti diterangkan ulasan di atas, bahwa masing-masing dari aplikasi ini memiliki kelebihan yang berbeda. Jadi, agar konversi berjalan optimal maka ada baiknya memakai jenis aplikasi yang sesuai prioritas kebutuhan.

Taufiq
Taufiq Biarlah aku tetap menjadi aku, dan biarlah ladang ini menjadi tempat kesepianku berlarian mengejar rindunya sendiri. ~DV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *